[HOAKS atau FAKTA]: AirPods Memancarkan Radiasi Berbahaya

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Rabu, 30 November 2022
[HOAKS atau FAKTA]: AirPods Memancarkan Radiasi Berbahaya
Tangkapan layar hoaks.

MerahPutih.com - Akun Facebook bernama Muhammad Alhakim membagikan video yang menampilkan seseorang yang sedang mengecek tingkat radiasi sebuah AirPods menggunakan electrosmog meter yang menunjukkan hasil peringatan berbahaya.

Dalam video tersebut berisi narasi bahwa AirPods memancarkan radiasi EMF dalam jumlah berbahaya serta video tersebut memberikan cara untuk memperbaiki masalah tersebut adalah dengan menggunakan AirPods yang menggunakan kabel sebagai gantinya.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Tiongkok Siap Bantu Indonesia jika Berperang Lawan Australia

[NARASI]: Berhenti menggunakan Apple AirPods, AirPods memancarkan jumlah radiasi EMF yang berbahaya terus ke otak anda. Ini berpotensi menyebabkan tumor otak dan keracunan radiasi.

FAKTA

Melansir usatoday.com Federal Communications Commission (FCC) atau Komisi Komunikasi Federal menyatakan, AirPods tidak memancarkan radiasi lima kali lebih banyak daripada headphone Bluetooth over-the-ear, juga tidak memancarkan radiasi secara signifikan lebih banyak ke lingkungan mereka daripada microwave.

AirPods telah disetujui sebagai aman oleh Komisi Komunikasi Federal, yang menetapkan tingkat radiasi frekuensi radio maksimum yang dapat dipancarkan perangkat pada waktu tertentu.

Batas ini diukur dengan tingkat di mana seseorang yang menggunakan perangkat akan menyerap radiasi, juga dikenal sebagai tingkat penyerapan spesifik perangkat.

Perangkat hanya disetujui jika tingkat penyerapan spesifik terukur tertingginya berada di bawah batas FCC sebesar 1,6 watt per kilogram (W/kg), sebagaimana dirata-ratakan pada satu gram jaringan tubuh.

Saat dikenakan di kepala, tingkat penyerapan spesifik AirPods jauh di bawah maksimum ini, dengan model terbaru memancarkan tidak lebih dari 8% dari batas FCC.

Pengajuan FCC untuk AirPods generasi ketiga kiri dan kanan menunjukkan bahwa mereka memiliki tingkat penyerapan spesifik maksimum masing-masing 0,134 dan 0,068 watt per kilogram. Untuk AirPods Pro yang dikenakan di kepala, tingkat penyerapan spesifiknya adalah 0,072 di sisi kiri dan 0,097 di sisi kanan.

FAKTA

Berdasarkan penelusuran, klaim AirPods memancarkan radiasi EMF berbahaya dan berpotensi menyebabkan tumor otak tidak terbukti dan termasuk konten yang menyesatkan. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Jepang Bujuk India untuk Bantu Australia Serang Indonesia

##HOAKS/FAKTA
Bagikan
Bagikan