[HOAKS atau FAKTA]: Air Jeruk Nipis Mampu Bersihkan Paru-paru dari Nikotin

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Kamis, 30 September 2021
[HOAKS atau FAKTA]: Air Jeruk Nipis Mampu Bersihkan Paru-paru dari Nikotin
Air Jeruk Nipis (Foto: Unsplash/mateusz feliksik)

Merahputih.com - Beredar sebuah narasi melalui halaman Facebook Kamus Kesehatan yang mengatakan bahwa air jeruk nipis dapat membersihkan paru-paru dari nikotin.

Klaim dalam narasi tersebut mengatakan bahwa jeruk nipis mempunyai kandungan mineral dan vitamin yang membuatnya dapat membersihkan paru-paru dari nikotin hingga 70,65 persen.

Narasi tersebut juga mengatakan bahwa air jeruk nipis dapat dijadikan sebagai alternatif untuk menghentikan kebiasaan merokok.

BACA JUGA:

Makan Biji Jeruk Bakal Tumbuh Pohon di Kepala

NARASI

Jeruk nipis memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan, seperti vitamin, mineral, dan lainnya. Sehingga, Air jeruk nipis dapat menurunkan kadar nikotin hingga 70,65 % dalam tubuh. Bahkan, jeruk nipis juga dapat Anda gunakan sebagai cara untuk menghilangkan kebiasaan merokok

FAKTA

Setelah melakukan penelusuran Mafindo, hal tersebut tidak benar. Dokter Spesialis Paru, Mohammad Arifin Nawas mengatakan bahwa tidak ada hubungan antara paru-paru dan jeruk nipis.

Hal ini dikarenakan asap rokok akan masuk ke saluran pernapasan, sedangkan air jeruk nipis jika dikonsumsi akan masuk ke saluran pencernaan.

Ia juga mengatakan bahwa untuk membersihkan paru-paru dari asap rokok dapat menggunakan obat-obatan yang disebut sebagai mukolitik.

Selain obat tersebut, belum ada bukti ilmiah yang dapat membuktikan bahwa bahan alami dapat digunakan untuk membersihkan asap rokok dari paru-paru.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh halaman Facebook Kamus Kesehatan tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

Baca juga:

Megengan, Tradisi Khas Masyarakat Jawa Menyambut Bulan Suci Ramadan


KESIMPULAN

Hal tersebut tidak benar. Air jeruk nipis dapat digunakan untuk mengurangi gejala batuk, namun tidak bisa membersihkan paru-paru dari nikotin. (Knu)

##HOAKS/FAKTA #Penyebar Hoaks
Bagikan
Bagikan