[Hoaks atau Fakta]: AHY Menangis, Moeldoko Resmi Ambil Alih Partai Demokrat

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Jumat, 17 September 2021
[Hoaks atau Fakta]: AHY Menangis, Moeldoko Resmi Ambil Alih Partai Demokrat
Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (Foto: DPP Partai Demokrat)

MerahPutih.com - Kanal Youtube Pakde TV mengunggah video dengan judul “Berita Terkini ~ Tangis AHY Pecah Di HUT Demokrat, Malam Ini Moeldoko Diresmikan Jadi Ketum Partai !” pada 11 September 2021. Adapun, di bagian thumbnails tertulis narasi “SERAH TERIMA!!! AHY DILENGSERKAN PAKSA ! MOELDOKO RESMI MENJABAT KETUM PARTAI.”

Narasi:
Narasi pada thumbnails:
“SERAH TERIMA!!! AHY DILENGSERKAN PAKSA ! MOELDOKO RESMI MENJABAT KETUM PARTAI”
Narasi pada judul video:
“Berita Terkini ~ Tangis AHY Pecah Di HUT Demokrat, Malam Ini Moeldoko Diresmikan Jadi Ketum Partai !”

Baca Juga:

[Hoaks atau Fakta]: COVID-19 Turun, Bupati Lamongan Minta Perantau Pulang

https://archive.md/5tWp0

FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran Mafindo, isi video tidak menyebutkan bahwa Moeldoko telah resmi menjabat sebagai Ketua Umum Partai Demokrat. Isi video berupa suntingan sejumlah video dengan pembacaan berita dari sejumlah artikel.

Video pertama yang dicuplik berasal dari kanal Youtube Kabar Banten Tv dengan judul “REAKSI ITI OCTAVIA JAYABAYA JAWAB AJAKAN MOELDOKO.” Video tersebut tayang pada 7 Maret 2021. Adapun, isi videonya merupakan pernyataan Iti Octavia Jayabaya mengenai perlawanan DPD Demokrat Banten terhadap kubu Moeldoko.

Lalu, video kedua berasal dari kanal Youtube Cokro Tv dengan judul “APA SKENARIO DI BELAKANG KUDETA DEMOKRAT? | Logika Ade Armando” yang tayang pada 8 Maret 2021. Isi video memaparkan analisis personal Ade Armando terkait dinamika di dalam tubuh Partai Demokrat.

Dan, video ketiga yang dicatut ialah video berjudul “Tanggapi KLB, Ketua DPD Demokrat Riau: Silahkan Anda Buat Partai Sendiri” dari kanal Youtube Kompas Tv.

Di dalam video yang tayang pada 8 Maret 2021 berisikan pernyataan Asri Ausar, Ketua DPD Partai Demokrat Riau, yang mengecam KLB di Deli Serdang.

Dari ketiga video tersebut tidak ditemukan pernyataan kepemimpinan Demokrat sudah beralih dari AHY ke Moeldoko.

Tangkapan layar hoaks.
Tangkapan layar hoaks.

Adapun, untuk artikel yang dibacakan melalui voice over dalam video di kanal Pakde Tv berasal dari beberapa media. Artikel pertama berjudul “Moeldoko Gelar HUT Tandingan di Tangerang, DPD Demokrat Banten Geram, Siap Geruduk!” yang tayang di medcom.id pada 10 September 2021.

Artikel kedua berjudul “Demokrat Batu Bara : Gerombolan Moeldoko yang Selenggarakan HUT PD Ilegal di Banten Tidak Punya Malu” yang tayang di mudanews.com pada 10 September 2021. Dan, artikel berjudul “Demokrat Dapat Kabar Kubu Moeldoko Bakal Gelar HUT Tandingan di Banten” yang tayang di tribunjakarta.com pada 10 September 2021.

Dari ketiga artikel tersebut tidak ditemukan pernyataan Moeldoko telah resmi menjadi Ketua Umum Partai Demokrat.

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka konten video di kanal Pakde Tv masuk ke dalam kategori konten yang dimanipulasi. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Selama Ratusan Tahun Warga Baduy Tak Pernah Divaksin

##HOAKS/FAKTA #Penyebar Hoaks #Partai Demokrat #Agus Harimurti Yudhoyono
Bagikan
Bagikan