[HOAKS atau FAKTA]: Ahok Gantikan Gibran Jadi Cawapres

Mula AkmalMula Akmal - Minggu, 03 Desember 2023
[HOAKS atau FAKTA]: Ahok Gantikan Gibran Jadi Cawapres
Tangkap layar konten hoaks. (Foto: Mafindo)

MerahPutih.com - Akun Old Women pada 19 November 2023 mengunggah video yang berjudul “AHOK RESMI GANTIKAN GIBRAN, TAK INGIN KONTROVERSI DENGAN PDIP KINI JOKOWI BATALKAN GIBRAN”.

Unggahan yang berdurasi 6 menit 12 detik itu tidak menyampaikan tentang peresmian Ahok sebagai pengganti Gibran menjadi cawapres Prabowo dalam pilpres 2024.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA] Hotman Paris Pimpin Seluruh Pengacara Dukung Anies di Pilpres 2024

FAKTA

Judul dalam unggahan tersebut tidak sesuai dengan narasi yang disampaikan dalam unggahan. Narasi yang disampaikan memang tentang Gibran namun berbeda topik dengan judul yang ada pada unggahan.

Narasi pada unggahan tersebut adalah sebuah artikel berita dari seword.com yang berjudul “Cawe-Cawe Presiden Jokowi Dalam Mengkhianati Bangsa Indonesia” pada 16 November 2023.

Artikel tersebut berisi tentang putusan MK tentang undang-undang baru yang membuat Gibran bisa maju menjadi cawapres.

Artikel tersebut juga merupakan opini dari penulis tentang Jokowi yang diduga bertujuan untuk membuat politik dinasti atau politik keluarga.

KESIMPULAN

Unggahan video dengan klaim Ahok resmi gantikan Gibran. Unggahan tersebut telah dimanipulasi dari cover hingga judul yang tidak sesuai dengan narasi yang disampaikan dalam unggahan tersebut.

Unggahan tersebut menarasikan sebuah artikel yang membahas Gibran tetapi tidak membahas peresmian Ahok menggantikan Gibran. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Kemendikbud Cabut Ijazah Gibran

##HOAKS/FAKTA
Bagikan
Ditulis Oleh

Mula Akmal

Bagikan