[HOAKS atau FAKTA]: Ahok Bubarkan Pertamina

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Minggu, 01 Januari 2023
[HOAKS atau FAKTA]: Ahok Bubarkan Pertamina
SPBU. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Beredar sebuah video di media sosial Facebook yang menampilkan video Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Di dalam video tersebut, dapat dilihat dan didengar bahwa Ahok menyatakan bahwa dirinya akan membubarkan Pertamina jika tidak kunjung memberikan keuntungan selama 7 bulan ke depan.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Ma'ruf Amin Bakal Beri 1 Miliar ke Banser Bila Menang Lawan KKB

Klaim ini diperjelas dengan narasi yang ditampilkan dalam video, yang berbunyi sebagai berikut: “VIRAL! Sesumbar Ahok: 7 Bulan Gak Untung Gua Bubarin, Ehh Sekarang Tekor 11 Triliun”.

SUMBER]: FACEBOOK
archive.fo/EiwAD
https://www.facebook.com/groups/indonesiabersuara2021/permalink/3575942389300202/

[NARASI]:

“VIRAL! Sesumbar Ahok: 7 Bulan Gak Untung Gua Bubarin, Ehh Sekarang Tekor 11 Triliun”

FAKTA

Melansir dari artikel cek fakta dari Kominfo, disebutkan bahwa pernyataan Ahok yang ada di dalam video tersebut telah diterjemahkan dengan keliru.

Video tersebut merupakan video wawancara antara Ahok dengan Andy F. Noya yang masih tersedia di laman Youtube Kick Andy Show.

Dalam pernyataannya, Ahok mengawali dengan menjelaskan tentang sistem jejaring baru di Pertamina dengan nama e-procurement. Sistem ini diharapkan dapat menghemat anggaran serta dapat diberlakukan di seluruh BUMN.

Saat ditanyai, Ahok menyatakan bahwa optimis program yang dirinya rancang ini bisa berjalan dengan baik. Hanya saja, dirinya berseloroh akan ada pembubaran atau pemberhentian jika itu tidak berjalan dengan baik di Pertamina dalam 7 bulan ke depan.

Tangkapan layar hoaks.
Tangkapan layar hoaks.

"Ya 7 bulan (di Pertamina) udah mulai kelihatan kok, gua udah bilang, kalau enggak (jalan) gua bubarin, gua berhentiin nih gua bilang. Di dalam (Pertamina) bisa jalan, kalau di luar (BUMN) ya (nant)… Tapi lumayan lah,” ujar Ahok.

KESIMPULAN

Dapat disimpulkan bahwa video yang diklaim sebagai video pernyataan Ahok akan membubarkan Pertamina jika tidak untung dalam 7 bulan ke depan, merupakan video yang keliru dan merupakan hoaks kategori misleading content atau konten menyesatkan. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Pria Tersetrum di Stasiun KRL karena Pakai Earphone Bluetooth

##HOAKS/FAKTA #Fakta
Bagikan
Bagikan