[HOAKS atau FAKTA] Ahmad Dhani Tantang Gus Ipul di Pilkada Pasuruan Politisi Gerindra Ahmad Dhani seusai keluar dari penjara Cipinang (Foto: ANTARA)

MerahPutih.com - Beredar artikel berjudul “Lawan Gus Ipul, Gerinda Usung Ahmad Dhani di Pilwali Pasuruan” yang dimuat di situs beritalangit[dot]net pada 15 Agustus 2020.

Berikut kutipan artikel tersebut;
“Pilwali Pasuruan 2020 bakal berlangsut sengit setelah Partai Gerindra bakal mencalonkan, Ahmad Dhani Prasetyo, pentolan grup Dewa-19 untuk maju sebagai calon wali kota dalam Pilwali, Desember mendatang. Ketua DPC Partai Gerindra Kota Pasuruan, Ahmad Zubaedi, membenarkan jika musisi kelahiran Surabaya tersebut bakal ikut kontestasi pilkada Kota Pasuruan. “Iya benar. Ada komunikasi dari Jakarta terkait calon dari Gerindra, yakni Mas Dhani,” katanya.

Cek fakta

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), klaim bahwa politikus Partai Gerindra Ahmad Dhani bakal dicalonkan sebagai calon wali kota dalam Pilwali Pasuruan 2020 adalah klaim yang salah.

Faktanya, Ahmad Dhani dan elite Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad membantah klaim yang menyebutkan Ahmad Dhani maju Pilkada Pasuruan.

Bantahan maju Pilkada Pasuruan ini disampaikan Dhani di akun Instagram resminya dengan menyertakan caption ‘Hoax’. “BERITA HOAAAXXX” tulis Dhani di unggahan di akun Instagramnya pada 15 Agustus 2020.

Foto: Mafindo

Dhani turut menyoroti pemelintiran video dirinya didukung komunitas Tionghoa pada Pilkada Kabupaten Bekasi tempo lalu.

“Saya sangat kecewa, ‘VIDEO DEKLARASI DUKUNGAN TIONGHOA UNTUK AHMADDHANI DI KAB BEKASI 2016’ kok dicuri untuk kepentingan politik murahan,” kata Ahmad Dhani saat dikonfirmasi detikcom, Senin (17/8/2020).

Partai Gerindra membela Ahmad Dhani dan menyebut ada pihak yang mengabaikan etika politik. Menurut Habiburokhman, pihak yang ‘mencuri’ video dukungan Tionghoa itu tidak bertanggung jawab.

Persoalan video yang sebenarnya adalah dukungan untuk Ahmad Dhani di Pilkada Bekasi tahun 2016 itu disebutnya merepotkan.

“Mungkin itu ada pihak yang mainkan politik lokal Pasuruan, bawa-bawa nama Mas Dhani karena beliau public figure. Kita juga heran kok mereka berani bawa-bawa nama Mas Dhani. Kadang-kadang karena urusan politik, etika diabaikan,” kata juru bicara Partai Gerindra, Habiburokhman, kepada wartawan, Senin (17/8).

Sementara itu, elite Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad memastikan Ahmad Dhani tidak akan maju di Pilkada Pasuruan. Wakil Ketua DPR itu pun meminta persoalan video yang ‘dicuri’ tidak lagi dibesar-besarkan.

“Kalau soal masalah video dukungan itu ya saya rasa sih kan karena banyak yang ngefans sama Mas Ahmad Dhani. Saya pikir nggak usah terlalu dipermasalahkan lah, namanya juga public figure, tentunya banyak yang mendukung dengan segala macam cara,” ujar Dasco.

Kesimpulan

Ahmad Dhani dan elite Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad membantah klaim yang menyebutkan Ahmad Dhani maju Pilkada Pasuruan. (Knu)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH