[Hoaks Atau Fakta]: Ada dua situs pedulilindungi.com dan pedulilindungi.id

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 11 Oktober 2021
[Hoaks Atau Fakta]: Ada dua situs pedulilindungi.com dan pedulilindungi.id
Pedulilindungi. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Beredar kembali di tengah masyarakat sebuah situs dengan domain dan tampilan yang hampir mirip situs resmi milik pemerintah pedulilindungi.id. Situs tersebut yaitu pedulilindungiq.com.

Dalam situs tersebut, para target dimintai dana sebesar 1 juta rupiah untuk mendapatkan vaksinasi.


http://pedulilindungiq.com/

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA] Gubernur Anies Menangis di KPK

Baca Juga:

[NARASI]:
“Pasokan vaksin covid-19 sudah diatur, dengan dana sebesar 1000000 rupiah, dan bisa langsung membuat janji untuk sukses dan mengatur inokulasi rumah sakit terdekat dalam waktu sepuluh hari
Nama:
Bank:
Account:”

FAKTA

Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Dedy Permadi menyatakan, situs pedulilindungiq.com merupakan situs palsu. Situs itu bukan merupakan situs yang digunakan pemerintah terkait Covid-19.

“Situs pedulilindungiq.com merupakan situs palsu. Seluruh isi dan informasi dalam situs pedulilindungiq.com tidak terkait dengan situs Pedulilindungi.id,” ujar Dedy,, Rabu (6/10/2021).

Agar situs tersebut tidak mengecoh orang lain, Kominfo melakukan pemutusan akses terhadap situs pedulilindungiq.com yang menggunakan atribut logo, gambar, dan tema menyerupai situs resmi, pedulilindungi.id.

Mengenai adanya permintaan dana Rp 1 juta kepada pengguna melalui situs pedulilindungiq.com, Dedy menjelaskan, situs Pedulilindungi.id yang resmi sama sekali tidak melakukan pemungutan biaya.

QR Code Pedulilindungi. (Foto: MP/Ismail)
QR Code Pedulilindungi. (Foto: MP/Ismail)

“KemenKominfo mengimbau agar masyarakat hanya mengakses situs resmi pedulilindungi.id serta mengunduh aplikasi resmi Pedulilindungi yang tersedia di AppStore dan Google PlayStore,” lanjut dia.

Sebelumnya, hoaks yang sama terkait situs pedulilindungi tiruan juga sudah pernah dibantah oleh laman turnbackhoax.id pada 12 September 2021 berjudul “[SALAH] Link Peduli Lindungi (pedulilindungia.com)” dengan narasi dan modus yang sama.

KESIMPULAN

Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Dedy Permadi menyatakan, situs pedulilindungiq.com merupakan situs palsu.

Kominfo sendiri telah melakukan pemutusan akses terhadap situs pedulilindungiq.com yang menggunakan atribut logo, gambar, dan tema menyerupai situs resmi, pedulilindungi.id. (Knu)

Baca Juga:

[Hoaks atau Fakta]: Vaksin COVID-19 Rencana Depopulasi Manusia

##HOAKS/FAKTA #PeduliLindungi #Vaksinasi #Vaksin Covid-19
Bagikan
Bagikan