Hits Tidak Harus Baru, Makanan-Makanan Legendaris di Yogyakarta ini Contohnya Proses pembuatan Gudeg Yu Djum. (Foto: http://gudegyudjum167.com)

Meski cafe baru terus bermunculan di Yogyakarta, turis-turis yang berkunjung ke sana tetap memburu makanan legendaris khas Yogyakarta. Anda mungkin begitu juga.

Anda mungkin berpikir kuliner legendaris di Yogyakarta hanya gudeg. Padahal ada makanan lain yang telah lama ada dan dijual secara turun menurun. Berikut daftar kuliner legendaris yang bisa Sahabat Merahputih nikmati selama berada di Yogyakarta.

1. Gudeg

Terdengar 'basi'. Namun, pamor gudeg hingga saat ini belum luntur. Makanan bercita rasa manis ini tetap menjadi incaran para wisatawan. Salah satu gudeg legendaris di Yogyakarta yang wajib Sahabat Merahputih sambangi adalah Gudeg Wijilan Yu DJum yang mulai dijual sejak 1951.

Lokasi : Jalan Kaliurang KM 4,5, Karang Asem CTIII/06, Mbarek, Sleman, Yogyakarta
Jam buka : Senin-Minggu, pukul 06.00-21.00 WIB
Whatsapp : 0813.3347.5254

2. Bakmi Jawa

Bakmi Jawa di Yogyakarta memiliki ciri khas berupa cita rasanya yang gurih dan lebih harum karena dimasak menggunakan anglo. Bakmi Jawa yang terkenal sejak dahulu kala di Yogyakarta adalah Bakmi Jawa Kadin. Jika ingin makan di sana, Sahabat Merahputih sebaiknya tidak datang terlalu malam karena bisa kehabisan.

Lokasi : Jalan Bintaran Kulon Nomor 3 dan 6, Yogyakarta
Jam buka : Senin-Minggu, pukul 17.00-12.00 WIB

3. Mangut Lele

Sahabat Merahputih mungkin jarang mendengar makanan bernama mangut lele. Padahal, Mangut lele merupakan makanan legendaris yang terkenal sejak dahulu. Resto yang mangut lelenya dikenal dan sering dikunjungi artis dan pejabat dari luar kota adalah Warung Sego Gudeg Geneng Mbah Marto. Keunikan Mangut Lele Mbah Marto terletak pada proses memasaknya, yakni lele dipanggang menggunakan bilah bambu.

Lokasi : Dusun Geneng, Sewon, Bantul
Jam buka : Senin-Minggu, pukul 11.00-16.00 WIB

4. Brongkos

Sayur yang satu ini merupakan salah satu kuliner legendaris favorit Sri Sultan Hamengkubuwono X. Dibuat dari tahu, kacang tolo, kuah santan kental dan kaldu daging sehingga cita rasanya gurih. Salah satu tempat makan legendaris di Yogyakarta yang menawarkan menu brongkos adalah Warung Soto Ngasem yang hadir sejak 1973.

Lokasi : Jalan Taman KT I/227, Yogyakarta
Jam buka : Senin-Minggu, pukul 06.00-18.00 WIB
Telepon : 0274-376.521

Baca juga informasi mengenai proses pembuatan Gudeg Yu Djum pada artikel ini.



Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH