Hiswana Migas dan Pertamina Gelar Operasi Pasar Hiswana Migas Cirebon gelar operasi pasar (Foto: MP/Yohanes Charles)

MerahPutih Peristiwa - Demi mengatasai kelangkaan gas elpiji 3kg di Cirebon, Jawa Barat, Hiswana Migas bersama Pertamina akan melakukan operasi pasar.

Kabid Elipji Hiswana Migas Cirebon, Fauzi Hasan, saat dikonfirmasi mengakui adanya kelangkaan elpiji tabung melon tersebut. Karenanya Jumat nanti (4/11) Hiswana Migas bersama Pertamina akan menggelar operasi pasar elpiji 3 kg.

Operasi pasar akan digelar serentak di beberapa titik di wilayah tiga Cirebon yang meliputi Kota dan Kabupaten Cirebon, serta di Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Indramayu.

Harga gas elpiji 3kg pada operasi pasar nantinya akan dijual sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan oleh daerah masing-masing.

Namun saat ditanyakan berapa banyak elpiji yang akan digelontorkan pada operasi pasar nanti, Fauzi mengaku belum mengetahui secara pasti jumlahnya.

"Saya belum dapat informasi berapa jumlah gas elpiji 3kg yang akan dijual pada operasi pasar nanti,"jelas Fauzi

Saat ditanyakan penyebab terjadinya kelangkaan elpiji 3 kg saat ini, dijelaskan Fauzi sebenarnya setiap bulannya alokasi elpiji 3 kg untuk wilayah Cirebon mencapai 4,5 juta tabung. Namun angka ini merupakan data pada 2015 lalu.

Sedangkan saat ini terjadi pertumbuhan penduduk yang tidak diperhitungkan untuk menambah alokasi tabung elpiji 3 kg kepada masyarakat.

"Memang ada ekstra droping tapi itu diberikan sewaktu-waktu dan biasanya kalau terjadi kelangkaan saja, seperti sekarang ini," pungkasnya.(Yhs)

BACA JUGA:

  1. Warga Yogyakarta Keluhkan Kelangkaan Elpiji 3 Kg
  2. Pemerintah Galau Tetapkan Penyaluran Elpiji 3 Kilogram
  3. Harga Elpiji 12 Kg Turun Jadi Rp135.300 per Tabung
  4. Pengusaha Elpiji Keluhkan Mahalnya Segel Karet Berlabel SNI
  5. Menteri ESDM Cek Stok Elpiji


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH