Hipnosis Bisa Membantumu Turunkan Berat Badan Orang mencari ahli hipnotis untuk membantu mereka memperbaiki hubungan dengan makanan. (Foto: freepik/tonodiaz)

MASUK akal jika para pejuang diet lelah mencoba pola makan baru dan ingin mencari cara lain. Jika kamu sering mencari alternatif dari diet, penggunaan hipnosis untuk menurunkan berat badan mungkin menjadi salah satu informasi akan kamu temukan.

Tidak banyak orang yang pernah mengalami hipnosis. Kamu mungkin mengetahui teknik ini ketika melihat acara televisi di mana hipnosis membuat orang menggonggong seperti anjing, berbicara seperti zombie, atau melakukan banyak hal memalukan lain.

“Orang sering mengacaukan hipnoterapi dengan hipnosis panggung untuk hiburan, dan kenyataannya, keduanya tidak ada hubungannya satu sama lain,” kata psikolog klinis berlisensi Samantha Gaies, PhD di NY Health Hypnosis and Integrative Therapy. Dia bekerja dengan pasien yang ingin menurunkan berat badan atau menyembuhkan gangguan makan.

Hipnosis untuk menurunkan berat badan tidak seperti yang kita lihat di TV. Tidak sedikit orang yang mencari ahli hipnotis untuk membantu mereka memperbaiki hubungan dengan makanan dan kebugaran. Banyak di antaranya telah menemukan kesuksesan besar.

Baca juga:

Diet Yoyo dan Dampaknya Bagi Kesehatan

Menghentikan roda hamster

Hipnosis Bisa Membantumu Turunkan Berat Badan
Dengan hipnosis, kamu benar-benar mencoba memotivasi otak untuk mewujudkan gaya hidup sehat. (Foto: freepik/freepic.diller)

Ketika seseorang mencoba untuk membuat perubahan besar dalam hidup, seperti mengatasi obesitas, ada banyak hal yang harus dipikirkan, antara lain: makanan apa yang harus dimakan, bagaimana kamu harus berolahraga, dan pada batas apa kamu akan merasa cukup aman untuk berolahraga.

Penilaian atau ketakutan tertentu mungkin menghalangi pembentukan kebiasaan jangka panjang yang dapat mengubah kesehatan seseorang.

“Saya biasanya menggambarkan hipnosis kepada pasien saya dengan menyamakan pikiran mereka saat ini dengan roda hamster. Ada gerakan atau pemikiran tanpa henti, tapi pemikiran itu biasanya tidak membawa mereka terlalu jauh dalam hal membuat perubahan yang berdampak,” kata Gaies.

Jadi, yang dilakukan oleh seorang hipnoterapis klinis adalah membimbing pasien mereka ke dalam keadaan relaks yang disebut trans, menggunakan sejumlah teknik yang bervariasi dari pernapasan dalam hingga visualisasi.

Berlawanan dengan kepercayaan populer, trans tidak akan membuat kamu berjalan dengan susah payah seperti zombie di The Walking Dead. Faktanya, kebanyakan dari kita mengalami trans ketika melamun atau melakukan tugas rutin.

Pada saat-saat trance, 'otak hamster' kita berhenti berputar dan kita menjadi kurang fokus pada daftar tugas atau stres harian. Begitu memasuki keadaan trans itu, Gaies memandu pasiennya melalui serangkaian latihan untuk membantu mereka menyesuaikan diri dengan keinginan mereka untuk berubah.

Dengan hipnosis, kamu benar-benar mencoba memotivasi otak untuk membuat perubahan untuk mewujudkan gaya hidup sehat.

“Hipnosis efektif karena memungkinkan orang untuk memperlambat obrolan analitis dan intelektual dalam pikiran mereka untuk lebih mudah mengakses dan fokus pada apa yang lebih dalam dan paling penting bagi mereka,” jelas Gaies. Dengan kata lain, hipnosis dapat membantu orang memasuki otak bawah sadar yang sangat mempengaruhi kebiasaan kita.

“Otak bawah sadar adalah tempat banyak perilaku dan motivasi kita. Dalam hipnosis, Anda benar-benar mencoba memotivasi otak untuk membuat perubahan,” kata ahli hipnoterapi bersertifikat dan dokter penyakit dalam di Mayo Clinic, Tony Chon, MD di Rochester, AS seperti diberitakan Prevention.

Baca juga:

Diet Bukan Alasan Lewatkan Makan Malam

Hipnosis digunakan untuk memungkinkan modifikasi perilaku dengan sugesti, demikian dikatakan ahli diet di Culina Health Amanda Holtzer, MS, RD. “Penurunan berat badan membutuhkan perubahan perilaku.

“Bagi sebagian orang, hipnosis mungkin berfungsi dengan baik sebagai langkah pertama dalam perubahan perilaku. Kita harus membuat keputusan mental dan emosional untuk mengambil tindakan berbeda yang akan menyebabkan penurunan berat badan, bukan? Nah, bagi sebagian orang, hipnosis dapat membantu proses pengambilan keputusan itu,” lanjutnya.

Bukan sulap

Hipnosis Bisa Membantumu Turunkan Berat Badan
Diet dan olahraga kemudian cenderung menjadi lebih mudah bagi mereka yang terlibat dalam hipnosis. (Foto: freepik/rawpixel.com)

Hipnosis bukanlah seperti sulap, jadi jangan masuk ke sesi hipnoterapi dan berpikir kamu akan mulai menurunkan berat badan hanya dengan menjentikkan jari.

Seperti yang dikatakan Gaies, hipnosis adalah alat yang dapat membantu mematahkan pola berpikir yang mencegah seseorang mengembangkan rutinitas yang lebih sehat. Pergeseran gaya hidup itulah yang akan menyebabkan penurunan berat badan seiring waktu.

Kebanyakan orang yang melakukan pendekatan hipnoterapi sudah mempersiapkan diri untuk melakukan penyesuaian gaya hidup, seperti mengubah pilihan makanan mereka atau membeli keanggotaan gym, kata Chon.

“Seringkali orang yang berjuang dengan penurunan berat badan atau gangguan makan cenderung merasa terjebak dalam siklus makan berlebihan atau tidak banyak bergerak, yang kemudian diikuti dengan menyalahkan diri sendiri dan rasa malu,” kata Gaies.

“Jenis pola ini biasanya didorong oleh emosi atau pengalaman lain, jadi kami [pasien saya dan saya] cenderung mengeksplorasi aspek-aspek kehidupan mereka dalam konteks sesi. Diet dan olahraga kemudian cenderung menjadi lebih mudah bagi mereka yang terlibat dalam hipnosis karena mereka telah mengubah pikiran dan perasaan mendasar mereka ke pola berpikir yang lebih membantu,” jelasnya.

"Hipnosis itu sendiri tidak akan menyebabkan penurunan berat badan. Penurunan berat badan adalah persamaan ilmiah berdasarkan asupan kalori vs pembakaran kalori," kata Holtzer.

Artinya, kamu benar-benar dapat mencoba hipnosis untuk menurunkan berat badan tetapi, pada akhirnya, hal yang benar-benar akan membantu adalah membakar lebih banyak kalori daripada yang kamu konsumsi. (aru)

Baca juga:

Badan Tetap Ringan dengan Trik Diet ala Rider MotoGP

Tips Mengatasi Luka Bekas Cacar
Fun
Tips Mengatasi Luka Bekas Cacar
Fun
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Fortnite Resmi Pindah ke Unreal Engine 5
Fun
Fortnite Resmi Pindah ke Unreal Engine 5

Chapter 3 adalah pilihan terbaik bagi Fortnite untuk berpindah engine ke Unreal Engine 5.

Gangguan Depersonalisasi, Hidup Seperti dalam Mimpi
Fun
Gangguan Depersonalisasi, Hidup Seperti dalam Mimpi

Kondisi kesehatan mental yang menyebabkan seseorang mengalami perasaan berada di luar tubuh.

Nelson Mandela, Pemimpin Afrika Selatan yang Akrab dengan Batik
Fun
Nelson Mandela, Pemimpin Afrika Selatan yang Akrab dengan Batik

Presiden Soeharto juga sampai kaget ketika Mandela mengenakan batik saat bertemu dengannya.

Ketahui Ini Sebelum Menggunakan KB
Fun
Ketahui Ini Sebelum Menggunakan KB

Nah, sebelum memutuskan untuk menggunakan KB, sebaiknya kamu perhatikan hal-hal berikut ini terlebih dahulu.

Rune Factory Hadir di Steam 13 Juli 2022
Fun
Rune Factory Hadir di Steam 13 Juli 2022

Pemain segera bisa memainkan Rune Factory.

Katty Perry, J Balvin, dan Post Malone Muncul dalam Pokemon Cards
ShowBiz
Katty Perry, J Balvin, dan Post Malone Muncul dalam Pokemon Cards

Diumumkan pada 16 Oktober oleh The Pokemon Company.

Hati-hati dengan Mikroplastik
Fun
Hati-hati dengan Mikroplastik

Bagi yang belum tahu, mikroplastik adalah plastik yang memiliki ukuran kurang dari setengah centimeter

7 Jenis Ikan Paling Bernutrisi dan Tinggi Protein
Fun
7 Jenis Ikan Paling Bernutrisi dan Tinggi Protein

Rutinlah mengonsumsi tujuh jenis ikan ini.

Mengungkap 'Misteri' di Balik Sering Adanya Bangku Kosong di Bioskop
Hiburan & Gaya Hidup
Mengungkap 'Misteri' di Balik Sering Adanya Bangku Kosong di Bioskop

Banyak pertanyaan tentang selalu adanya bangku kosong di bioskop, mengenai hal itu banyak faktor yang bisa memengaruhinya

'Dota: Dragon's Blood - Book 3' Siap Rilis di Netflix Agustus 2022
ShowBiz
'Dota: Dragon's Blood - Book 3' Siap Rilis di Netflix Agustus 2022

Dota: Dragon's Blood - Book 3 akan melanjutkan cerita setelah kejadian besar di season sebelumnya.