HIPMI Jaya Buka Pendaftaran Anggota Baru Lewat Platform Artificial Intelligence Ketua Umum BPD HIPMI Jaya Afifuddin Kalla didampingi pengurusnya di Nusa Kopi, Kebayoran Baru, Jaksel (MP/Fadhli)

MerahPutih.Com - Revolusi industri 4.0 membuka sejumlah peluang positif bagi Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jaya. Salah satunya, pendaftaran anggota baru melalui platform Artificial Intelligence (AI). Terobosan tersebut diharapkan pengusaha muda terus bertambah jumlahnya.

Bekerja sama dengan BJtech, salah satu holding startup dan teknologi, HIPMI Jaya menghadirkan platform chatbot berbasis artificial Intelligence di aplikasi LINE untuk penerimaan anggota baru.

"Setiap tahun kami biasa menerima lebih dari 200 anggota baru, selama ini kami juga telah menerapkan rekrutmen online melalui web dan e-form, sekarang kami melakukan terobosan baru dengan menggunakan teknologi chatbot," kata Ketua Umum BPD HIPMI Jaya Afifuddin Kalla di sela jumpa pers, di Nusa Kopi Jalan Ahmad Dahlan, Kebayoran Baru, Rabu (2/4).

Pengurus HIPMI Jaya di Nusa Kopi
Pengurus HIPMI Jaya saat berikan keterangan pers di Nusa Kopi, Kebayoran Baru (Foto: MP/Fadhli)

Proses pendaftaran anggota baru, kata Afi sudah mulai dibuka sejak Maret lalu. Dan hingga kini masih terus berlangsung.

Dengan sistem teknologi robotik yang dibuka 24 jam itu diharapkan akan semakin mempermudah proses pendaftaran. Sehingga secara kuantitas dan kualitas penerimaan anggota lebih meningkat.

"Kami optimis dengan penggunaan teknologi ini anggota bisa bertambah dari sisi kualitas dan kuantitasnya," harapnya.

Cara Pendaftaran via AI versi HIPMI Jaya

Untuk proses mendaftarkan diri menjadi anggota HIPMI Jaya saat ini terbilang tidak sulit dan sangat mudah.

Calon anggota cukup menggunakan aplikasi LINE, kemudian mencari LINE id @hipmijaya, lalu memulai proses tanya jawab mengenai rekrutmen tersebut di dalam percakapan aplikasi tersebut.

Ketua HIPMI Jaya Afi Kalla
Ketua BPD HIPMI JAYA Afifudin Kalla memberikan sambutan pada pembukaan Diklatda Hipmi Jaya 2018 di Ballroom The Ritz Calton Jakarta, Selasa, (12/4). (Foto: Merahputih.com/ Rizki Fitrianto)

"Sistem Chatbot akan menjawab semua pertanyaan secara otomatis dan cepat. Sistem ini juga tersedia dalam 24 jam non-stop untuk melayani ratusan anggota baru HIPMI Jaya," kata Ketua Rekrutmen Anggota HIPMI Jaya 2018, Heru Wahidin.

Di kesempatan yang sama, Ketua Bidang Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (OKK) HIPMI Jaya Lexyndo Hakim mengungkapkan dengan implementasi teknologi chatbot dalam organisasi, artinya HIPMI Jaya telah menjadi salah satu pemain aktif di era revolusi industri keempat ini.

"Dengan implementasi teknologi 4.O ini, HIPMI Jaya telah menjadi pemain aktif di revolusi industri keempat dengan penerapan teknologi artificial Intelligence. Kedepannya kami akan terus mengaplikasikan teknologi digital untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam proses organisasi HIPMI Jaya," terang Lexy.

Pimpinan HIPMI Jaya
Ketua Bidang 5 Arief Satria Kurniagung (kiri) Lexyndo Hakim (tengah) dan Ketum BPD HIPMI Jaya Afifuddin Kalla saat preskon di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (Foto: Ist)

HIPMI Jaya Perkenalkan Teknologi Chatbot UKM

Ketua BPD HIPMI Jaya Afifuddin Suhaeli Kalla berharap dengan perkembangan teknologi digital ini dapat juga dimanfaatkan untuk menumbuhkan dan mengoptimalisasi bisnis UKM.

Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah di tahun 2017, pelaku UKM yang telah memanfaatkan platform digital dalam memasarkan produknya hanya sekitar 3,79 juta dari 59,2 juta UKM.

Artinya, kata dia, masih sangat sedikit pelaku UKM yang menggunakan platform digital dalam memasarkan usahanya.

"Meskipun pertumbuhan pelaku UKM di Indonesia berkembang pesat, akan tetapi tidak diiringi dengan peningkatan pengetahuan mengenai platform digital untuk bisnis mereka. Dengan adanya platform BJtech ini memudahkan para pelaku UKM untuk dapat mengoptimalkan operasi bisnis mereka melalui produk Chatbot sehingga bisa naik kelas," terang Afi.(Fdi)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Ciptakan Pengusaha Tangguh, Hipmi Jaya Gelar Diklat

Kredit : fadhli


Eddy Flo