Hingga Saat Ini 48 ATM di Bali-Nusra Terkena Dampak Gangguan Satelit Telkom 1

Eddy FloEddy Flo - Senin, 28 Agustus 2017
Hingga Saat Ini 48 ATM di Bali-Nusra Terkena Dampak Gangguan Satelit Telkom 1

MerahPutih.com - PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Wilayah Bali NTB & NTT atau BNI telah melakukan beberapa langkah strategis untuk mengantisipasi dampak gangguan satelit Telkom-1 yang berlangsung sejak Jumat sore (25/8) kemarin.

Seperti diketahui bersama bahwa gangguan Satelit Telkom-1 tersebut telah berdampak pada jaringan komunikasi perbankan (offline) seperti di ATM dan beberapa outlet bank.

Pemimpin BNI Kantor Wilayah Bali NTB & NTT Putu Bagus Kresna mengungkapkan bahwa saat ini layanan ATM BNI telah berangsur normal, dimana dari total 1005 ATM yang tersebar di Bali dan Nusra terdapat 80 ATM yang terdampak (posisi 25/8) dan sampai dengan saat ini tersisa 48 ATM yang masih terdampak (posisi 28/8 pukul 12.00 Wita), dengan rincian Bali (28 ATM) NTB (14 ATM ) & NTT (6 ATM).

“BNI telah melakukan beberapa langkah antisipastif sehingga layanan kepada nasabah tidak banyak terganggu," jelasnya.

Beberapa langkah penanganan yang telah dilakukan BNI diantaranya dengan mengoperasikan fasilitas mobil BNI Layanan Gerak (BLG) yang dapat melayani transaksi perbankan secara mobile di beberapa lokasi strategis, seperti di area Pelabuhan Gilimanuk & Benoa Bali serta Pelabuhan Tenau Kupang NTT.

Selain itu BNI juga telah membentuk team khusus bekerjasama dengan vendor ATM (dhi. PT. Swadharma Sarana Informatika) untuk memonitor aktivitas ATM secara ketat khususnya ATM yang diperkirakan akan mengalami lonjakan transaksi karena memback up ATM yang masih terdampak gangguan tersebut.

"Kami juga terus berkoordinasi dengan pihak Telkom terkait kemungkinan migrasi jaringan komunikasi, lanjutnya.

Lebih lanjut Putu Bagus Kresna juga menjelaskan bahwa jumlah ATM BNI yang tidak terdampak dan beroperasi normal jumlahnya jauh lebih banyak sehingga nasabah diharapkan tetap tenang dan tidak perlu panik.

"Nasabah juga bisa memanfaatkan fasilitas e-channel BNI lainnya untuk kemudahan dan kenyamanan bertransaksi, seperti Internet Banking, Phone Banking, Mobile Banking dan SMS Banking," tutupnya.

Nasabah BNI sendiri juga dapat melakukan konfirmasi ke BNI Call 1500046 jika membutuhkan konfirmasi dan informasi lebih lanjut serta dihimbau untuk tidak mudah percaya terhadap berita/informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

BNI meyakini bahwa recovery Satelit Telkom-1 akan dapat segera ditangani dengan baik oleh pihak Telkom sehingga layanan ATM yang terkoneksi bisa aktif normal lagi.

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Raahail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Bali dan sekitarnya.

Ikuti berita-berita menarik lain dari Bali dalam artikel: Pesta Kesenian Bali Ke-39, Para Penari Turun Ke Jalan

#PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk #Bank BNI #ATM BCA #Satelit Telkom
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan