Hingga 12 Juni 2023, Realisasi KUR Capai Rp 87,48 Triliun

Zulfikar SyZulfikar Sy - Sabtu, 17 Juni 2023
Hingga 12 Juni 2023, Realisasi KUR Capai Rp 87,48 Triliun
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat agenda kunjungan kerja di Kota Cirebon, Jawa Barat. (Foto: Ist)

MerahPutih.com - Pemerintah terus meningkatkan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk dimanfaatkan seluas-luasnya bagi para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Sepanjang tahun 2023 sampai dengan 12 Juni, penyaluran KUR mencapai Rp 87,48 triliun, yang diberikan kepada 1,6 debitur.

Hal itu dikatakan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat agenda kunjungan kerja di Kota Cirebon, Jawa Barat.

Baca Juga:

Menkop Teten Dorong UMKM Masuk Pasar Global

"Khusus di Kota Cirebon, KUR telah terealisasi sebesar Rp 63 miliar rupiah untuk 942 debitur," tuturnya.

Pemerintah juga terus mendorong para pelaku UMKM di segala sektor untuk memanfaatkan KUR yang disediakan pemerintah agar permodalan tidak lagi menjadi hambatan UMKM untuk naik kelas.

”Sektornya terbuka luas, seperti tadi UMKM diberikan seluas-luasnya dan semudah- mudahnya. NPL (kredit bermasalah) relatif kecil, satu koma sekian persen," tutur Airlangga.

Untuk tahun 2023, pemerintah telah meningkatkan target penyaluran KUR menjadi sebesar Rp 450 triliun. Seluruh stakeholder digerakkan agar target penyaluran KUR dapat tercapai seiring dengan manfaat yang diterima oleh para pelaku UMKM.

Baca Juga:

Mendag Zulhas Harap TikTok Bantu UMKM Lokal Pasarkan Produk

Plt Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Ferry Irawan berharap melalui kegiatan ini dapat mendorong semangat UMKM di Indonesia, khususnya di wilayah Cirebon dan sekitarnya, untuk terus meningkatkan kelas usahanya melalui KUR dan terbang tinggi maju menjadi pengusaha yang hebat di masa yang akan datang.

"Kemenko Perekonomian sebagai fasilitator dan katalisator berkomitmen untuk senantiasa mendorong terwujudnya cita-cita UMKM untuk semakin maju dan sejahtera," ujarnya. (Asp)

Baca Juga:

Begini Cara Bank DKI Ikut Bantu UMKM saat Formula E

#UMKM #Kredit Usaha Rakyat (KUR)
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan