Hindarkan dari Penyakit Menular Seksual hingga HIV/AIDS, Pakai Kondom Amat Disarankan Kondom akan melindungi dari penularan virus dan penyakit menular seksual. (foto: pixabay/bru-no)

MEMAKAI kondom saat bercinta amatlah disarankan. Hal itu demi menghindari risiko yang bisa muncul dan membahayakan kesehatan. Meskipun begitu, masih ada saja yang enggan menggunakan kondom saat bercinta. Alasannya sih, kurang memahami bahaya yang timbul ketika bercinta tanpa kondom.

Wah, kamu wajib tahu bahwa ada risiko yang bisa merugikan kesehatan kamu jika bercinta tanpa kondom. Berikut 3 risiko yang timbul jika bercinta tanpa kondom.

BACA JUGA: Jumlah Penderita AIDS di Indonesia Tinggi, Pendidikan Seks Rendah


1. Tertular penyakit kelamin

kondom
Kondom melindungi dari penyakit kelamin. (foto: pixabay/bru-no)

Bayangkan saja tubuh kamu sebuah rumah yang harus dilinduingi dari serangan virus dan bakteri. Serangan itu bisa masuk dengan berbagai cara, salah satunya lewat pertuakaran cairan. Dalam hal ini, saat bercinta, cairan yang berasal dari tubuh pasangan, seperti darah, air mani, dan cairan vagina bisa langsung masuk ke tubuh kamu.

Untuk melindungi tubuhmu dari 'invasi' virus dan bakteri dari cairan tubuh pasangan, kamu perlu kondom. Kondom akan menjadi penghalang dari darah serta cairan kelamin yang membawa bibit-bibit penyakit menular seksual.

Selain itu, kondom juga merupakan pilihan terbaik bagi kamu yang memiliki penyakit kelamin, tapi ingin berhubungan intim. Pasalnya, kondom memang dirancang khusus guna melindungi kontak langsung antarkulit. Benda ini akan melindungi kamu dari beberapa penyakit, seperti herpes genital, sipilis, klamidia, hepatitis, gonore, hingga HIV.

2. Kehamilan yang tidak direncanakan

Kehamilan tak direncanakan ialah salah satu risiko bercinta tanpa kondom. (foto: huggies.com)

Tak berniat hamil bukan berarti kamu tak bercinta selamanya. Kondom bisa jadi pilihan alat kontrasepsi. Kondom termasuk alat kontrasepsi yang populer karena murah, mudah dicari, dan tidak sulit digunakan.

Penting banget loh menggunakan kontrasepsi saat kamu memang enggak berencana hamil, tapi aktif bercinta. Pasalnya, kehamilan yang tidak direncanakan bisa berisiko karena beberapa alasan. Tubuhmu mungkin belum siap hamil karena kondisi atau penyakit tertentu. Kamu dan pasangan pun belum siap secara psikologis atau finansial untuk menghadapi kehamilan dan memiliki anak.

3. Rentan terserang infeksi vagina

Bercinta tanpa kondom menimbulkan risiko infeksi vagina. (foto: pixabay/kaboompics)

Meskipun kamu dan pasangan sudah yakin tak mengidap penyakit kelamin, jangan abaikan penggunaan kondom. Sebuah penelitian yang dilansir laman Medical Daily melaporkan bahwa tidak memakai kondom saat seks akan memicu munculnya gardnerella vaginalis dan lactobacillus iners, yakni bakteri yang berisiko untuk mengembangkan infeksi vagina.

Hal itu bisa terjadi karena vagina dihuni dua jenis bakteri, yakni bakteri yang tergolong baik dan jahat. Bakteri baik bertugas mengendalikan pertumbuhan bakteri jahat. Berhubungan intim tanpa menggunakan kondom akan memudahkan masuk dan berkembangnya bakteri jahat, sehingga memicu ketidakseimbangan jumlah bakteri baik yang harusnya memerangi bakteri jahat penyebab infeksi vagina.

Singkatnya, bakteri yang terdapat pada penis dapat mengakibatkan perpindahan bakteri ke vagina, yang akhirnya berujung pada peradangan dan berpotensi menyebabkan infeksi vagina.(*)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH