Hindari Sarapan Roti Bermentega, Ganti dengan Roti Whole Grain Roti whole grain. (Foto: Pixabay)

SARAPAN roti itu praktis. Tinggal ambil roti, oles mentega. Lalu taburi keju atau oles selai, menu sarapan pun siap dalam waktu satu menit.

Sayang, di balik kepraktisan itu ternyata ada pula bahayanya. Roti, sekalipun gandum, sebenarnya bukan lah sarapan ideal.

Kebanyakan mentega dan margarin yang beredar di pasaran mengandung lemak jenuh yang bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Efeknya terhadap kesehatan ialah Anda dapat saja terkena gangguan jantung atau diabetes.

Hal ini dipaparkan American Heart Association, seperti dikutip Men's Health. Absennya protein, sayur dan buah pada roti juga dapat memicu gangguan kesehatan Anda.

Jika sudah sulit melepaskan diri dari roti panggang di waktu sarapan, Anda bisa menyiasatinya dengan menyantap roti whole grain. Roti whole grain mengandung biji-bijian utuh yang belum mengalami proses pengolahan.

Bentuknya bisa gandum, beras, sorgum, quinoa, atau jagung. Kandungan biji-bijian pada roti whole grain membuat roti ini mengandung serat, vitamin B, antioksidan, zat besi, selenium, potasium, magnesium, dan tembaga yang berguna bagi kesehatan Anda.

Daripada mengonsumsi roti dengan olesan mentega, Anda mendingan menikmati roti whole grain tanpa tambahan apa pun. (*)

Simak pula artikel Isi Perut di Senin Pagi dengan Variasi Sandwich Gandum Sehat.

Kredit : rina

Tags Artikel Ini

Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH