Hindari Permasalahan Rambut Hijabers dengan Cara Ini Hijabers harus tetap memperhatikan kesehatan rambutnya. (Foto: Pexels/Samuel Silitonga)

AKTIVITAS yang padat dan cuaca yang panas membuat para hijabers mengalami permasalahan rambut mulai dari rambut kering, rontok hingga kulit kepala berketombe. Kalian tentu tak ingin mengalami demikian kan. ladies? Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan hijabers agar terhindar dari masalah rambut:

1. Rutin Cuci Rambut

Bagi para hijabers, bagian tubuh yang satu ini harus mendapat perhatian dan perawatan ekstra. Ketika keluar rumah, rambut kita tertutup sepanjang hari akibatnya berbagai masalah rambut. Untuk menjaga rambut tetap sehat hal yang harus dilakukan adalah dengan menjaga rambut agar tetap sehat.

Keramaslah rambut secara rutin dua hari sekali atau setiap hari. Kebutuhan para hijabers dalam mencuci rambut dapat disesuaikan dengan kondisi rambut.Setelah mencuci rambut, tunggulah hingga kering sebelum memakai hijab. Ini harus diperhatikan agar rambut tidak rontok atau berbau tak sedap.

hijaber
Perlunya perawatan rambut yang baik bagi hijaber. (Foto: Pixabay/Engin_Akyurt)


2. Lepas Hijab Saat di Rumah dan Sisirlah

Supaya rambut tidak kering dan pecah-pecah, segera lepas hijab saat di rumah. Biarkan rambut bernapas agar helai rambut tidak kering. Setelah melepas hijab, sisirlah rambut dengan rutin. Menyisir rambut memberi efek pijatan pada kulit kepala. Langkah tersebut dapat dilakukan supaya peredaran darah ke arah kepala menjadi lancar.


3. Gunakan Vitamin Rambut

Setelah seharian mengenakan hijab, aplikasikan vitamin rambut setiap hari. Kita bisa menggunakannya setelah selesai berkeramas atau saat melepas hijab. Memberi vitamin pada rambut berfungsi untuk menjaga kelembaban dan kekuatan rambut. Jangan ikat rambut selama di rumah. Biarkan ia tergerai untuk menjaganya agar tetap sehat.

hijab
Memakai hijab bukan berarti melupakan perawatan. (Foto: Pixabay/erdemdindar)


4. Konsumsi Vitamin D

Vitamin D bagus untuk kesehatan dan elastisitas rambut. Sumber vitamin D terdapat di sinar matahari. Namun demikian, para hijabers tak menyerap vitamin D dari matahari dengan sempurna karena harus menutup kepala dengan hijab.

Menurut informasi yang dilansir dari Go-Dok, wanita berhijab lebih rentan mengalami defisiensi vitamin D dan penyakit kulit lainnya karena kekurangan vitamin D. Untuk itu konsumsilah makan-makanan yang mengandung vitamin D seperti ikan salmon, sardin, kuning telur, kerang, udang dan buah-buahan.


5. Berolahraga

Hijab yang kita kenakan tak menjadi halangan dalam beraktivitas temasuk berolahraga. Para hijabers harus berolahraga secara rutin.Olahraga penting untuk menjaga berat badan dan kesehatan tubuh salah satunyarambut. Oleh karena itu, jangan lupa olahraga.


Demikian sejumlah tips untuk menjaga kesehatan rambut untuk para hijabers. Jangan jadikan hjab sebagai alasan kita untuk lupa merawat rambut. (avia)

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH