Hindari Penumpukan, Jokowi Izinkan ASN Undurkan Jadwal Balik Mudik

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 24 April 2023
 Hindari Penumpukan, Jokowi Izinkan ASN Undurkan Jadwal Balik Mudik
Tol Cikampek. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Pemerintah memprediksi puncak arus balik mudik Lebaran 2023 akan berlangsung pada tanggal 24-25 April serta 29-30 April dan 1 Mei 2023.

PT Jasa Marga memprediksi bahwa ada 203 ribu kendaraan yang akan melakukan perjalanan pada tanggal 24-25 April 2023 menuju Jakarta dan sekitarnya.

Baca Juga:

Catat Tanggal dan Waktu Diskon 20 Persen Tarif Tol Saat Arus Balik

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat untuk menghindari puncak arus balik Lebaran 2023 pada 24-25 April 2023 guna memecah penumpukan orang dan kendaraan.

"Pemerintah mengajak masyarakat yang tidak ada keperluan mendesak untuk menghindari puncak arus balik tersebut,” kata Presiden Jokowi dalam video yang diunggah Sekretariat Presiden.

Jokowi mengatakan, masyarakat dapat memundurkan jadwal kembali dari mudik setelah 26 April 2023. Ketentuan tersebut, kata Jokowi, berlaku bagi ASN, TNI, Polri, pegawai BUMN ataupun pegawai swasta yang mekanisme teknis liburnya dapat diatur oleh instansi masing-masing baik berupa cuti tambahan atau cuti lainnya.

"Ketentuan ini berlaku untuk ASN, TNI, Polri, dan BUMN atau pun pegawai swasta yang teknisnya dapat diatur oleh instansi atau perusahaan masing-masing seperti bentuk cuti tambahan atau bentuk cuti lainnya," kata Jokowi.

Jokowi meminta masyarakat untuk mematuhi seluruh aturan dan arahan dari petugas di lapangan selama masa arus balik Lebaran 2023.

Pemerintah, tegas Jokowi dapat mengelola dengan baik arus mudik Lebaran 2023. Pada arus balik Lebaran 2023, Kementerian Perhubungan telah memprediksi akan ada 203 ribu kendaraan per hari dari arah timur, dari Jalan Tol Trans Jawa dan dari arah Bandung melalui Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

"Tentu ini merupakan jumlah yang sangat besar dibandingkan dari jumlah normal-nya yaitu 53 ribu kendaraan," ujar Jokowi.

Baca Juga:

Titik Fokus Polisi Antisipasi Macet Arus Balik Mudik

#Mudik #Jokowi #Arus Balik Mudik #Lebaran
Bagikan
Bagikan