Hindari Penggunaan 'Skincare' yang Mengandung 4 Bahan Berbahaya Ini! Hindari 4 kandungan berbahaya ini pada skincare. (Foto: pixabay/photosforyou)

WAJAH menjadi bagian tubuh utama yang paling dirawat oleh kebanyakan orang. Dewasa ini, kewaspadaan seseorang terhadap kesehatan kulit wajah nyatanya semakin meningkat dilihat dari bagaimana mereka selektif dalam memilih skincare atau produk perawatan untuk wajahnya.

Saking banyaknya varian skincare yang permintaannya semakin meningkat, tidak jarang berbagai skincare yang masuk ke Indonesia masih mengandung beberapa zat kimia yang malah bisa merusak kulit. Meskipun telah dilarang peredarannya oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), namun masih terjual secara bebas berbagai produk kecantikan yang dijual tanpa izin di Indonesia. Apa sajakah zat-zat berbahaya tersebut?

1. Asam retinoat

Jangan Gunakan 'Skincare' yang Memiliki Kandungan 4 Bahan Ini!
Jangan tergiur harga murah ketika membeli skincae. (Foto: pixabay/stevepb)

Sesungguhnya, penggunaan asam retionat ini bisa menjadi berbahaya jika tidak dalam pengawasan medis dan tanpa resep dokter.

Asam retinoat ini mampu mengeluarkan kotoran yang tersumbat di dalam pori-pori, mengurangi kerutan, dan juga mengatasi jerawat dan bekas jerawat.

Namun bahan ini beresiko membuat kulit menjadi sensitif terhadap sinar matahari dan bisa menyebabkan kulit iritasi, berubah warna, bengkak, dan kemerahan.

Asam retinoat juga bisa berdampak panjang bagi ibu hamil. Janin dalam kandungan beresiko mengalami kelainan bawaan, dan juga bisa berdampak kelainan sistem saraf, tulang, otot, pencernaan, dan sendi jika digunakan anak-anak.

2. Merkuri

Jangan Gunakan 'Skincare' yang Memiliki Kandungan 4 Bahan Ini!
Merkuri bisa menyebabkan gangguan psikologis. (Foto: pixabay/kalachairina)

Zat merkuri sering digunakan oleh berbagai produk kecantikan karena mampu membuat kulit tampak cerah dalam sekejap.

Namun penggunaan jangka panjang merkuri dapat menyebabkan perubahan warna kulit, ruam, bahkan bisa beresiko tremor, gangguan ginjal serta berbagai gangguan psikologis seperti cemas dan insomnia.

Merkuri juga berbahaya bagi ibu hamil karena bisa menyebabkan resiko gangguan perkembangan otak pada janin.

3. Resorsinol

Jangan Gunakan 'Skincare' yang Memiliki Kandungan 4 Bahan Ini!
Resorsinol memiliki dampak jangka panjang yang buruk untuk kesehatan. (Foto: pixabay/kalachairina)

Bahan ini sesungguhnya mampu mengobati rasa gatal dan sakit akibat gigitan serangga, luka bakar, sunburn, iritasi kulit, serta terkena tanaman beracun.

Selain itu, resorsinol juga bisa mengatasi berbagai penyakit kulit seperti eksim, kutil, kapalan, dan juga psoriasis.

Namun jika digunakan dalam waktu lama, resorsinol dapat berdampak pada gangguan pernapasan, kejang, detak jantung tidak beraturan, kulit kebiruan, dan sakit kepala.

4. Hydroquinone

Jangan Gunakan 'Skincare' yang Memiliki Kandungan 4 Bahan Ini!
Zat-zat ini bisa berdampak buruk bagi janin dalam kandungan. (Foto: pixabay/mjps)

Zat ini biasanya digunakan produk kecantikan yang menawarkan pencerahan kulit dan juga menyamarkan bintik hitam. Namun penggunaan zat ini terus-menerus bisa membuat kulitmu menjadi kehitaman, pecah-pecah, kering, perih menyengat, dan menjadi sensitif terhadap sinar matahari.

Hydroquinone juga menjadi pemicu berbagai alergi berat seperti ruam, bengkak pada wajah dan tenggorokan, dan kesulitan bernapas.

Untuk terhindar dari berbagai produk kecantikan yang mengandung bahan terlarang, sebaiknya jangan mudah tergiur dengan harga skincare yang murah dan sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter akan skincare yang kamu gunakan. (shn)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH