Hindari Penggunaan Ponsel Pintar pada Saat-saat Penting Ini! Jangan terlalu sering menggunakan gadget (Foto: Pixabay/terimakasih0)

JANGAN gunakan gadget pada saat kamu sedang berkumpul dengan keluarga atau teman, hal ini dipercaya akan menjaga lingkaran sosial kamu menjadi tetap baik dan mengurangi risiko kesehatan mental yang bisa terjadi. Terlebih lagi kepada anak-anak yang cenderung akan mengikuti kebiasaan ini jika kamu terus menerus bermain ponsel pintar atau gadget.

Tak bisa dipungkiri, bahwa gadget seperti ponsel pintar, tablet, dan laptop saat ini bisa dikatakan telah menjadi hal penting dalam kehidupan banyak orang, mungkin kamu adalah salah satunya. Pernahkah kamu menggunakan ponsel pintar hingga berjam-jam? atau mungkin kamu tidak bisa melawan keinginan untuk melihatnya setiap kali berbunyi?

Meski hal tersebut bisa dikatakan sebagai sesuatu wajar dalam keseharian kamu, kamu harus tahu ada kalanya kamu harus benar-benar meninggalkan gadget kamu demi kesehatan dan kehidupan sosial di dunia nyata. Melansir laman go-dok, berikut waktu penting yang seharusnya kamu hindari untuk menggunakan ponsel pintar atau gadget.

1. Saat mengemudi

Hindari Penggunaan Ponsel Pintar pada Waktu-waktu Penting Ini!
Jangan menggunakan ponsel saat sedang menyetir (Foto: pixabay/skitterphoto)


Jangan gunakan gadget di saat kamu tengah mengemudikan kendaraan, ini merupakan hal yang paling esensial. Pasalnya, jika kamu menggunakan smartphone saat menyetir kamu akan mengalihkan pikiran kamu dari jalanan.

Selain itu, kamu memiliki risiko empat kali lebih besar dalam mengalami kecelakaan jika kamu menelepon saat menyetir. Berbalas teks singkat saat menyetir bahkan meningkatkan resiko yang lebih besar lagi. Oleh karena itu, tinggalkan ponsel pintar saat kamu tengah berkendara.

2. Saat berdua dengan pasangan

Hindari Penggunaan Ponsel Pintar pada Waktu-waktu Penting Ini!
Hindari penggunaan gadget saat sedang bersama pasangan (foto: pixabay/stocksnap)


Hal yang paling menyebalkan saat tengah berduaan dengan pasangan adalah ketika salah satu atau keduaanya sedang terus-menerus bermain ponsel pintar.

Jangan salah, kebiasaan ini justru yang bisa membuat hubungan kamu dan dia retak dan kurang harmonis. Pemakaian gadget ternyata memiliki pengaruh besar terhadap kualitas hubungan percintaan kamu. Karenanya, kamu harus bisa menghindari hal ini.

Baca Juga:

Sikap Orang Tua Seperti Ini Buat Anak Beralih ke Gadget

Yuk, Putus Hubungan dengan Dunia Maya dengan Detoks Digital

Bolehkan Menyalakan Ponsel Saat Naik Pesawat?

Jangan gunakan ponsel pintar saat kamu sedang berdua dengan pasangan kamu. Matikanlah smartphone dan berbincanglah, dengarkan perbincangannya sampai leluconya. Maka kehidupan romansa kamu bersama pasangan akan jauh dari kehancuran.

3. Saat akan tidur

Hindari Penggunaan Ponsel Pintar pada Waktu-waktu Penting Ini!
Susah tidur akibat bermain gadget (Foto: pixabay/wokandapix)


Apakah kamu satu dari banyak orang yang menderita insomnia? Nyatanya sudah menjadi rahasia umum bahwa terus menerus menatap layar gadger sebelum tidur bisa membuat kamu menjadi lebih sulit untuk tertidur.

Suatu studi terbaru mengungkapkan bahwa paparan cahaya putih-biru dari smartphone bisa menginterupsi otak dalam memproduksi hormon melatonin, yang ternyata dibutuhkan dalam tubuh untuk mengatur tidur lo.

Karenanya, hindari penggunaan ponsel pintar atau gadget apapun setidaknya satu jam sebelum kamu tidur. Hal ini bisa membantu kamu tidur lebih cepat dan lebih nyenyak lo. (gsh)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH