Hindari Nasihat, Ini Yang Harus Dilakukan Saat Menghadapi Orang Depresi Orang-orang yang mengalami depresi merasa bahwa hidupnya sendirian.. (Foto: Pixabay/Anemone123)

GANGGUAN psikis adalah salah satu jenis gangguan yang sering diremehkan karena keberadaannya yang kasat mata. Penderitanya pun seringkali menafikkan keberadaannya karena tak ingin dicap aneh atau "sakit jiwa". Mereka juga seringkali menyembunyikannya dari orang-orang terdekat dan bersikap seolah baik-baik saja. Padahal mereka tidak baik-baik saja. Mereka membutuhkan pertolongan orang lain karena jika dibiarkan gangguan psikis tersebut akan berubah menjadi depresi. Depresi dapat menghancurkan seseorang pada fase yang tidak terbayangkan. Pada tahap yang paling serius, depresi juga dapat membinasakan orang-orang yang mengalaminya.

Seperti yang sudah disebutkan, pengidap depresi akan menyamarkan permasalahan jiwanya dari orang-orang sekitar. Jika ia cukup percaya padamu untuk mengetahuinya maka kamu cukup beruntung. Meskipun ia memercayaimu, kamu harus menyikapinya dengan bijaksana. Sedikit saja salah menyikapi, kamu dapat menjerumuskan mereka atau memicu depresi mereka kian mendalam. "Hal yang harus dilakukan ketika seseorang memercayaimu membicarakan gangguan psikis yang dialaminya adalah dengan mendengarkan secara aktif tetapi hindari memberi nasihat," ujar psikolog, Rena Masri.

Baca Juga;

Rena Masri, Ada Banyak Jenis Gangguan Mental

rena masri
Rena Masri, mendengarkan secara aktif tetapi hindari memberi nasihat. (Foto: dok.pribadi)

Nasihat yang tidak sesuai perspektif membuat mereka kebingungan. Mereka pun akan semakin gamang dengan apa yang dirasakannya. Nasihat yang bersifat judgmental juga membuat mereka semakin terpuruk dengan kondisi mereka, "Berilah nasihat hanya jika mereka minta," ucap perempuan yang akrab disapa Rena tersebut. Alih-alih memberi nasihat, mendengarkan keluh kesah dan suka cita yang mereka alami adalah hal yang dibutuhkan.

Kondisi ruangan yang serba tertutup juga dapat membuat pikiran mereka semakin kacau. Untuk itu, ajak mereka bersosialisasi dengan mengajak mereka makan siang di luar. "Kita juga bisa mendengarkan uneg-uneg yang mereka rasakan di kafe, papar Rena. Tak hanya makan di kafe, sosialisasi juga bisa dilakukan dengan berbagai cara misalnya jalan pagi, main tenis, menikmati live music dan lain-lainnya. Suasana yang berbeda membuat suasana hati mereka membaik,

Baca Juga:

Awas Gangguan Mental pada Remaja!

orang depresi butuh pertolongan
Mereka membutuhkan pertolongan orang lain. (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Orang-orang yang mengalami depresi merasa bahwa hidupnya sendirian. Perasaan kesepian dan sendiri membuat mereka semakin larut pada depresi. Jika dibiarkan begitu saja, tak menutup kemungkinan bahwa mereka akan berpikir untuk mengakhiri hidupnya. Untuk itu, ajak mereka ke komunitas depresi. "Di sana mereka bisa sharing dengan sesama penyintas," tutur Rena. Mereka pun akan mendapat pengalaman baru dan pandanan baru yang dapat menuntun mereka memiliki kehidupan yang lebih baik.

Hal yang paling penting, yakinkan bahwa mereka berharga. Dengan mengetahui nilai mereka di mata orang lain, mereka akan merasa lebih baik dan percaya diri. (avia)

Baca Juga:

Jaga Kesehatan Mental dengan Melakukan 5 Hal Sederhana Ini

Kredit : iftinavia


Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH