Hindari Memboroskan Bahan Makanan, Sayuran Layu masih Layak Konsumsi Loh Sayuran memang mudah layu, tapi jangan buru-buru dibuang. (foto: pixabay/congerdesign)

SAYURAN punya sifat kesegaran yang sementara. Semakin lama dibiarkan, sayuran akan menjadi layu sampai busuk. Mungkin kamu sering kali harus membuang sayuran yang layu. Sayang sekali ya. Padahal, membuang bahan makanan sama saja menyia-siakan sumber daya untuk memproduksinya.

Ternyata sayuran yang layu masih aman untuk diolah kok. Kandungan nutrisinya juga masih ada. Jadi sebenarnya kamu tidak perlu buru-buru membuang sayuran yang sudah layu.

BACA JUGA: Bukan Gula, Bahan-Bahan ini Bisa Maniskan Kopimu

Selama sayuran belum membusuk, kamu masih bisa mengolahnya menjadi aneka hidangan. Dikutip Health, Rachel Beller, pendiri Beller Nutritional Institute di Los Angeles, menjamin sayuran yang mulai layu tidak masalah untuk dikonsumsi. Meski kandungan nutrisi sayur yang layu tak sebagus saat masih segar, kamu tetap akan mendapat nutrisi saat mengonsumsinya.

Ahli nutrisi itu juga mengatakan semua sayuran yang sudah dicabut dari tempat penanaman mengalami pengurangan nutrisi. Sayuran akan mengandalkan sekitar 80%-90% air yang berada di dalamnya untuk tetap segar. Semakin lama sayuran dibiarkan, kadar air akan menurun sehingga menjadi layu. Menurutnya, setiap sayuran mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan sekalipun sudah tidak segar lagi.

eat
Hidrasi sayuran layu sebelum dimasak. (foto: pixabay/sponchia)

Sebelum diolah, periksa seluruh bagian sayuran. Jika ada yang bolong atau benyek, buang bagian tersebut dan sisanya diolah sesuai dengan menu yang diinginkan.

Untuk mengolahnya, pastikan sayuran dicuci dahulu. Setelah itu, karena sayuran sudah mulai layu, kamu bisa merendam sayur dengan air es untuk mengembalikan kesegarannya selama 20 hingga 60 menit. Cara itu dinamakan osmosis, yaitu merehidrasi sel-sel yang mulai mengerut untuk kembali segar dalam batas waktu singkat.

Setelah direndam, sayuran tersebut bisa diolah seperti biasa. Namun, kurangi durasi memasaknya karena sayuran sudah cukup layu dan akan semakin layu jika dimasak terlalu lama.

Jadi mulai saat ini, jangan langsung buang sayuran yang mulai layu ya. Gunakan sayuran yang ada dengan baik agar tidak terbuang sia-sia.(dwi)

BACA JUGA: Lelehkan Stres dan Bad Mood dalam Sepotong Cokelat



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH