Hindari Macet Total, Kapolri Imbau Pemudik Gunakan Jalur Alternatif

Mula AkmalMula Akmal - Jumat, 22 April 2022
Hindari Macet Total, Kapolri Imbau Pemudik Gunakan Jalur Alternatif
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Sidak Lokasi Aksi. (Foto: MP/Joseph kanugrahan)

MerahPutih.com - Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengimbau masyarakat untuk menggunakan jalur mudik alternatif selain jalan tol, seperti jalur pantai utara dan pantai selatan.

Hal itu dikatakan Kapolri saat memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2022 di Lapangan Monas, Jakarta, Jumat, yang diikuti personel gabungan Polri, TNI, Kementerian Perhubungan, instansi terkait, dan para relawan.

Baca Juga:

Kapolri Mutasi Pati Polri, Kapolres Jakpus Jabat Direskrimum Polda Metro Jaya

"Saya minta dalam kesempatan ini agar masyarakat bisa menggunakan jalan alternatif seperti jalur pantura dan jalur pantai selatan (pansela) sehingga dapat mengurangi beban jalan tol," kata Sigit di Jakarta, Jumat.

Kapolri menjelaskan bahwa pemerintah, termasuk di dalamnya personel gabungan telah menyiapkan standar pelayanan yang sama dengan jalan tol di jalur alternatif tersebut.

Menurut Sigit, musim angkutan mudik Lebaran 2022 menjadi tantangan pemerintah karena momentum ini telah ditunggu lebih dari dua tahun.

Berdasarkan survei Kementerian Perhubungan, peningkatan arus mudik cukup besar karena sekitar 85 juta orang mudik Lebaran 2022 dengan menggunakan 23 juta mobil dan 17 juta unit sepeda motor.

Baca Juga:

Korban Begal Jadi Tersangka, Kapolri Diminta Evaluasi Anak Buahnya

Adapun enam daerah tujuan mudik terbanyak, yakni wilayah Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Jabodetabek, D.I. Yogyakarta, dan Lampung.

Kapolri menambahkan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2022 dilaksanakan lebih awal guna mengantisipasi terjadinya kemacetan pada puncak arus mudik karena pergeseran waktu libur sekolah, instansi pemerintah, dan swasta.

"Saya berpesan agar seluruh personel sudah bergerak di lapangan untuk melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan," kata Sigit.

Dalam Operasi Ketupat 2022 sebanyak 144.392 personel dilibatkan yang terdiri atas 87.880 personel Polri; 56.512 personel instansi terkait, seperti TNI, BNPB, BMKG, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, dan mitra kamtibmas lainnya. (*)

Baca Juga:

Sidak Stasiun Senen, Kapolri Sebut Tiket KA Sudah Hampir Ludes Terjual Hingga H-4 Lebaran

#Kapolri #Mudik #Listyo Sigit Prabowo
Bagikan
Ditulis Oleh

Mula Akmal

Bagikan