Hindari Longsor, Kali Sentiong Dibangun Turap

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Selasa, 27 Oktober 2020
Hindari Longsor, Kali Sentiong Dibangun Turap
Kondisi pinggiran kali di DKI Jakarta (Foto: antaranews)

Merahputih.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat telah membangun turap di sepanjang Kali Sentiong, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat untuk mengantisipasi bencana longsor saat intensitas hujan lebat.

"Di Kali Sentiong juga sudah dibangun turap agar kuat menahan air dan tidak mudah jebol kalau hujan lebat," Papar Camat Johar Baru, Nurhelmy Fitriyani di Jakarta, Selasa (27/10).

Baca Juga

Update Kasus COVID-19 DKI Kamis (22/10): 98.206 Positif, 83.338 Orang Sembuh

Pemkot Jakarta Pusat juga tengah gencar melaksanakan kegiatan 'Gerebek Lumpur' di delapan kecamatan. Program Gereber ini di antaranya menyasar Kali Sentiong.

Kini Kali Sentiong tengah dilakukan proses pengerukan lumpur hingga sampah lainnya.

Nurhelmy menjelaskan, Kali Sentiong menjadi fokus Pemkot Jakpus untuk melaksanakan Gerebek Lumpur. Karena menurutnya, kali itu merupakan tempat saluran air yang kerap banyak lumpur dan sampah.

"Karena Kali Sentiong kan menjadi tempat aliran air yang tersambung ke beberapa tempat, seperti Kali Ciliwung. Ini saluran air yang cukup besar intinya," jelas Helmy.

Baca Juga

Wagub DKI Tak Masalah Kantornya Digeruduk Pegawai Ambulans

Helmy menambahkan, proses pengerukan lumpur dan sampah di Kali Sentiong ditargetkan rampung pada Desember 2020.

Namun, ia berharap agar proses tersebut tuntas sebelum Desember. "Tentu harapannya ini selesai sebelum Desember," tutupnya. (Asp)

#Sungai
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan