Hindari Kegiatan Ini Setelah Makan Jika Ingin Tetap Sehat

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Senin, 28 Agustus 2017
Hindari Kegiatan Ini Setelah Makan Jika Ingin Tetap Sehat
Tidur setelah makan akan meningkatkan asam lambung dan meningkatkan resiko penyakit stroke (Foto: pixabay)

MAKAN Anda butuhkan untuk mengisi tenaga. Oleh karenanya agar tubuh menjadi sehat Anda juga tidak boleh mengonsumsi sembarang makanan. Sebaiknya Anda mengonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi. Namun bukan hanya itu saja ada beberapa kegiatan yang bahaya jika Anda lakukan setelah makan. Apa saja kegiatan-kegiatan tersebut?

1. Tidur

Sehabis makan tak jarang orang menjadi ngantuk. Hasilnya banyak sekali orang tidur setelah makan. Hati-hati jika Anda seperti ini karena dapat berbahaya bagi tubuh Anda. Jika Anda tidur setelah makan, proses pencernaan makanan akan sulit dilakukan. Selain itu, asam lambung bisa meningkat dan meningkatkan resiko terkena stroke. Para ahli sepakat agar setidaknya tidur 2 jam usai makan.

2. Mandi

Biasanya sehabis beraktivitas melelahkan Anda akan memilih untuk makan terlebih dahulu ketimbang mandi. Hal ini juga terbukti akan berbahaya untuk Anda. Jika Anda langsung mandi setelah makan, ini akan membuat aliran darah ke bagian tangan, kaki dan tubuh akan meningkat. Terlebih mandi setelah makan juga dapat menurunkan aliran darah pada perut. Hasilnya sistem pencernaan akan lemah dan membuat perut Anda menjadi sakit. Tunggu 30 menit jika Anda ingin mandi setelah makan.

3. Minum air dingin

Tentu menyegarkan minum air yang dingin sehabis makan. Apalagi jika Anda makan makanan yang berkuah. Lemak dari makanan yang Anda konsumsi akan membeku jika minum air dingin setelah makan. Lemak yang membeku akan tertimbun pada usus. Efek yang didapat saluran pencernaan pun akan menyempit. Lebih baik minum air hangat setelah makan.

4. Menyikat gigi

Anda pasti berpikir akan menjadi bersih gigi Anda jika selalu disikat setelah menyantap makanan. Padahal, bisa dibilang aktivitas ini salah. Tunggu antara 1-2 jam untuk menyikat gigi setelah makan. Hal ini agar dentin gigi bisa memberikan perlindungan terhadap asam melalui air liur secara otomatis. Dentin adalah zat antara email (zat di mahkota) atau semen (zat di akar) dari gigi dan ruang pulpa.

5. Merokok

Sudah menjadi kebiasaan bagi perokok untuk merokok setelah makan. Tembakau pada rokok bisa menghambat penyerapan vitamin dan mineral. Selain itu, sebuah penelitian menemukan bahwa menghisap sebatang rokok setelah makan sama saja seperti menghisap 10 batang tokok. Satu batang saja sudah berbahaya apalagi 10 batang bukan?

Sahabat MerahPutih, itulah lima hal yang tidak boleh Anda lakukan setelah makan. Meskipun makanan Anda bergizi, jika pola setelah makan salah tetap saja Anda akan terkena penyakit. (*)

Baca juga artikel kesehatan lainnya 5 Manfaat Mengonsumsi Telur untuk Kesehatan

#Kuliner #Tips & Trik #Tips Masak
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan