Kesehatan

Hindari Deh, Jenis Makanan yang Melemahkan Daya Tubuh

Dwi AstariniDwi Astarini - Selasa, 02 Februari 2021
Hindari Deh, Jenis Makanan yang Melemahkan Daya Tubuh
Hati-hati, beberapa makanan ini bisa menurunkan sistem imun tubuh. (pexels_Calebe Miranda)Hati-hati, beberapa makanan ini bisa menurunkan sistem imun tubuh. (pexels_Calebe Miranda)

WALAUPUN lezat di lidah, belum tentu makanan tersebut baik untuk kesehatan. Faktanya, beberapa makanan favorit banyak orang justru buruk bagi daya tahan tubuh kamu.

Padahal, daya tahan tubuh merupakan hal terpenting guna memerangi virus corona saat ini. Maka dari itu, menjaga daya tahan tubuh harus diakukan setiap orang. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga imun tubuh, termasuk menghindari sejumlah makanan yang ternyata dapat melemahkan daya tahan tubuh.

Berikut ini berbagai makanan yang harus kamu hindari karena bisa menurunkan daya tahan tubuh, seperti dilansir Eat This.

BACA JUGA:

Penelitian Ungkap Ibu Hamil dapat Berikan Antibodi ke Bayinya

1. Gorengan

gorengan
Gorengan berdampak buruk bagi kesehatan. (foto: pixabay_Free-Photos)

Makanan yang digoreng memang menjadi favorit banyak orang. Namun sayangnya, makanan-makanan tersebut justru berdampak buruk bagi kesehatan, terutama untuk daya tahan tubuh.

“Makanan yang digoreng cenderung tinggi lemak, dan lemak dapat menekan sistem kekebalan tubuh kamu,” kata ahli diet di Los Angeles, Patricia Bannan.

Sebuah studi pada 2016 mengungkapkan, makanan tinggi lemak dapat berdampak negatif pada mikrobioma usus, yang memainkan peran penting dalam fungsi kekebalan tubuh.

Selain itu, mengonsumsi makanan tinggi lemak berlebihan dapat menimbulkan risiko berbagai penyakit berbahaya, seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

2. Es krim

es krim
Hindari makanan tinggi zat gula seperti es krim. (pixabay_StockSnap )

Siapa sih nggak suka es krim? Sepertinya hampir semua orang menyukai makanan dingin yang manis ini. Tapi di balik rasa yang enak, sayangnya es krim mengandung lemak jenuh dan gula yang menyebabkan peradangan.

Nah, mengonsumsi gula berlebih atau makanan yang mengandung zat gula tinggi, juga dapat menekan sistem imunitas kamu. Lebih baik ganti es krim dengan yogurt tanpa rasa.


3. Keripik kentang

Chips
Tinggi garam. (foto: pixabay/counselling)

Camilan yang cocok menemani saat WFH ini sayangnya sangat rendah nutrisi. Tidak hanya digoreng dengan minyak berlemak, keripik kentang juga tinggi garam, yang menurut penelitian dari University of Bonn, bila dikonsumsi dalam jumlah tinggi dapat menyebabkan penurunan sistem kekebalan tubuh.

4. Kue manis

kue manis
Hindari konsumsi kue manis berlebihan. (unsplash_Serghei Savchiuc )

Makanan gurih dan manis satu ini juga buruk bagi sistem kekebalan tubuh. Sebab, seperti yang kita sudah ketahui, kue manis kaya akan kalori, gula, dan lemak.

“Terlalu banyak makanan yang dipanggang dapat memberikan ancaman tiga kali lipat bagi sistem kekebalan kamu,” ujar Bannan.


5. Daging merah

daging merah
Daging merah membuat sistem imun tubuh melemah. (unsplash_Jason Leung )

Saat kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi asam seperti daging merah, beban pH pada tubuh kamu secara keseluruhan akan menjadi asam.

Sebab, ketika kandungan asam itu tetap tinggi, mineral seperti magnesium, kalsium, kalium, dan bikarbonat akan menjadi rendah. Ini sangat berdampak buruk bagi kesehatan. Daging merah juga kaya akan asam lemak omega-6 yang menimbulkan peradangan ganda.(SCP)

#Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan