Hinaan Rasis Nodai Kemenangan Meksiko atas Jerman Suporter tim nasional Meksiko (Twitter/USA Today)

MerahPutih.com - Aksi rasisme menodai kemenangan bersejarah Meksiko atas Jerman dalam laga perdana grup E Piala Dunia 2018. FIFA akhirnya mengumumkan hasil investigasi yang menegaskan suporter Meksiko terbukti melakukan rasisme saat membekuk juara bertahan Jerman dengan skor 1-0.

Sebelumnya, FIFA melihat adanya dugaan aksi rasial yang dilakukan suporter tim nasional Meksiko kepada bek tengah Jerman, Jerome Boateng. Setiap Boateng mendapat bola, suporter Meksiko langsung membuat siulan seperti serigala dengan maksud mengejek.

boateng
Bek Jerman Jerome Boateng yang menjadi korban aksi rasis pendukung Meksiko. Foto: Antara

Tak hanya itu, teriakan puto yang berarti pekerja seks komersial juga selalu diteriakkan setiap kali kiper Der Panzer, Manuel Neuer, memegang bola. Dalam pertandingan tersebut, Meksiko berhasil mengalahkan Jerman dengan skor 1-0, pada laga Grup E Piala Dunia 2018 yang berlangsung Stadion Luzhniki, Moskow, Senin (18/6) dini hari WIB.

"Keputusan ini (membenarkan adanya rasisme) diputuskan berdasarkan fakta yang relevan. Kami meminta federasi sepak bola Meksiko (FMF) untuk segera melakukan tindakan dengan memberikan kesadaran kepada suporter," tulis keterangan FIFA dalam rilisnya, dikutip dari Soccerway.

"Selain itu, komite disiplin memberi peringatan kepada FMF, yang mungkin menghadapi sanksi tambahan dalam kasus pelanggaran kembali terulang."

meksiko
Pemain Mexico, Migael Layun saat melakukan eksekusi tendangan bebas (independent.co.uk)

Saat ini, Meksiko berada di posisi kedua klasemen sementara Grup F dengan raihan 3 poin dari satu laga, atau sama dengan Swedia. Meksiko akan menghadapi Korea Selatan pada laga kedua Grup F, Jumat (22/6). (*/BolaSkor)


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH