Hina Kiai, GP Ansor Laporkan Sejumlah Akun Facebook

Eddy FloEddy Flo - Kamis, 12 Oktober 2017
Hina Kiai, GP Ansor Laporkan Sejumlah Akun Facebook
GP Anshor (ANTARA FOTO/Agus Bebeng)

MerahPutih.Com - Sejumlah akun media sosial di Facebook dilaporkan ke polisi lantaran diduga hina kiai. Langkah hukum tersebut diambil GP Ansor kerena pemilik akun facebook melakukan ujaran kebencian dan penghinaan terhadap kiai, Ketua Umum GP Ansor dan lambang Nahdlatul Ulama (NU).

Lembaga Bantuan Hukum GP Ansor telah mendatangi Polda Jatim guna memproses laporan.

"Kami melaporkan beberapa akun di media sosial facebook terkait ujaran kebencian yang dilakukan akun dengan nama Generasi Muda NU Jatim dan juga akun milik Zabid Mochammad," kata salah satu perwakilan dari LBH PP GP Ansor Ahmad Budi Prayoga di Surabaya, Kamis (12/10).

Budi Prayoga seperti dikutip dari Antara mengatakan, akun-akun itu beberapa kali melakukan postingan yang kontennya berisi ujaran kebencian khususnya terhadap tokoh NU dan organisasi NU serta ketua Umum GP Ansor.

"Kami melaporkan mereka agar akun tersebut bisa diproses secara hukum. Ujaran kebencian itu di antaranya melakukan penghinaan, pencemaran nama baik dan menyebarkan kebencian terhadap kiai-kiai NU," tuturnya.

Dia mengungkapkan, ujaran kebencian sudah sejak lama dilakukan oleh kedua akun tersebut. Dari postingan yang GP Ansor kumpulkan, diketahui hampir satu tahun pemilik-pemilik akun itu melakukan ujaran kebencian.

"Kami bertindak memang sudah melalui koridor yang ada. Dalam pengamatan kami, akun ini berulang kali dan terus menerus memposting konten yang berisi ujaran kebencian," kata dia.

Dengan laporan ini, Budi Prayoga menginginkan supaya pemilik akun untuk diproses secara hukum di Polda Jatim, di Polres Pamekasan dan Polres Sumenep agar tak ada lagi ujaran kebencian yang terjadi di Jawa Timur, terutama di Pulau Madura.

"Kami ingin menciptakan kondisi Jatim yang kondusif yang bebas dari ujaran kebencian yang dilakukan oleh siapapun orangnya," ujarnya.(*)

#GP Ansor #Polda Jawa Timur # NU #Facebook #Ujaran Kebencian
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan