Hikmah Penting di Balik Kekalahan Garuda Muda dari Turki U-20

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Kamis, 27 Oktober 2022
Hikmah Penting di Balik Kekalahan Garuda Muda dari Turki U-20
Aksi Marselino Ferdinan saat menghadapi Turki U-20. (PSSI)

MerahPutih.com - Timnas Indonesia U-20 harus mengakui keunggulan Turki U-20 dalam laga uji coba yang berlangsung di Stadion Manavgat Atatürk, Turki, Rabu (26/10).

Timnas Indonesia U-20 kalah dengan skor 1-2 dari Turki U-20. Satu-satunya gol dari tim Garuda Muda dalam pertandingan ini dilesakkan Dony Tri Pamungkas saat injury time babak kedua.

Sementara itu, dua gol yang dicatatkan Turki U-20 berasal dari dua pemain berbeda. Yaitu Kaygisiz pada menit ke-16 dan Kilicsoy di menit 78.

Baca Juga:

Timnas Indonesia U-20 Kalah 1-2 dari Turki

Kekalahan dari Turki U-20 ini dianggap cukup wajar pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong. Malah, para pemain Indonesia dapat menarik pelajaran penting dari kekalahan, salah satunya mulai membiasakan diri menghadapi tim-tim dari Eropa.

Menurut Shin Tae-yong, pengalaman berharga itu akan jadi modal penting bagi Timnas Indonesia U-20 sebelum tampil di dua ajang bergengsi pada 2023 nanti. Yaitu Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20.

"Memang hari ini kami kalah 1-2 dari Turki. Di babak pertama kami bermain cukup baik dan ini memang pertama pertandingan adaptasi melawan tim Eropa," kata Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia U-20. Foto: PSSI

"Dari pertandingan hari ini memang beberapa pemain dapat menit bermain," imbuh STY, julukan dari wartawan merujuk inisial nama pelatih Timnas itu.

STY juga mendapatkan pelajaran penting lain dari kekalahan melawan Turki U-20, yakni terkait respons para pemainnya saat lawan melakukan serangan balik.

Baca Juga:

Komentar Shin Tae-yong setelah Bawa Timnas Indonesia U-20 ke Piala Asia 2023

Timnas Indonesia U-20 juga dinilai kurang tajam. Dari beberapa peluang yang didapat, tim asuhan Shin Tae-yong itu hanya mencetak satu gol.

"Masalah memang dari penyerangan dan memang ada counter attack dari lawan yang harusnya kami siapkan antisipasi dengan baik," tutup STY.

Setelah melawan Turki U-20, Skuat Garuda Nusantara bakal menjajal kekuatan Moldova U-20 pada 1 dan 4 November 2022. Itu merupakan pertandingan ketiga dan keempat Timnas Indonesia U-20 selama TC di Turki.

Sebelum dikalahkan Turki U-20, Timnas Indonesia U-20 sempat menang 2-1 atas klub lokal, Cakaliki Spor. Laga tersebut berlangsung pada Senin (24/10). (*/BolaSkor.com)

Baca Juga:

Hasil Undian Piala Asia U-20, Timnas Indonesia di Grup A

#PSSI
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan