Hijau Keriting Kaya Manfaat Seledri, wangi dan kaya manfaat. (foto: pixabay/erichh)

SELAIN bumbu rempah yang membuat masakan wangi, ada juga herba yang ampuh bikin sajian jadi menggoda selera. Daun salam, serai, kemangi, daun bawang, dan seledri ialah beberapa contoh herba yang kerap muncul di masakan Indonesia.

Seledri, sebagai contoh, jadi bahan wajib dalam berbagai sajian sup atau soto hangat. Wanginya khas dengan rasa sedikit sepat yang nikmat. Secara umum, ada tiga jenis seledri yang dikenal, yaitu seledri daun atau seledri iris, seledri tangkai, dan seledri umbi.

Selederi daun ialah jenis yang dimanfaatkan daunnya. Jenis inilah yang umum dipakai dalam masakan Indonesia. Ada juga seledri tangkai yang berbentuk jauh lebih besar, khususnya di bagian batang. Seledri jenis ini beraroma segar, biasanya dipakai sebagai komponen salad. Sementara itu, seledri umbi berbentuk umbi di permukaan tanah. Biasanya seledri ini digunakan dalam sup dan dibuat semur atau schnitzel. Umbi ini kaya provitamin A dan K.

Tak hanya berguna menambah rasa masakan, seledri juga memiliki segudang manfaat kesehatan. Saking bermanfaatnya, di luar negeri, minyak seledri bahkan dijual dalam bentuk kapsul. Berikut manfaat seledri untuk kesehatan seperti dilansir Go-Dok.


1. Menurunkan tekanan darah tinggi

blood pressure
Tekanan darah terjaga dengan mengasup seledri. (foto: pixabay/rawpixel)

Bagi kamu para penderita hipertensi, seledri bisa membantu menurunkan tekanan darah. Meskipun belum ada bukti kuat yang menunjukkan kemampuannya ini pada tubuh manusia, namun sebuah hasil studi yang dipublikasikan dalam Journal of Medicine Food, menunjukkan bahwa efek penurunan tekanan darah ini berlaku pada tikus percobaan. Penelitian tersebut berkisar pada efek dari ekstrak seledri pada tikus dengan hipertensi. Amat mungkin efek serupa juga bisa dirasakan pada tubuh manusia.


2. Menstimulasi pertumbuhan sel-sel saraf

Kandungan apigenin, molekul yang tengah dipelajari para ahli dalam kemampuannya melawan kanker, di dalam seledri dipercaya dapat menstimulasi perkembangan dan pertumbuhan sel-sel saraf. Sebuah studi yang dipublikasikan pada 2009 meneliti efek apigenin pada tikus. Hasilnya menunjukkan bahwa apigenin dapat meningkatkan daya ingat dan daya belajar saat disuntikkan atau diberikan secara oral ke dalam tubuh.


3. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Serat dan vitamin seledri menjaga kesehatan pencernaan. (foto: pixabay/silviarita)

Seledri mengandung tiga jenis vitamin, yaitu vitamin K, A, dan C. Ketiganya punya efek sehat untuk pencernaan dan daya tahan tubuh Anda. Sementara itu, seledri juga memiliki kandungan antioksidan dan nutrisi antiperadangan yang dapat melindungi keseluruhan saluran pencernaan Anda. Belum lagi kandungan air dan serat tingginya. Semuanya bagus untuk pencernaan kamu.


4. Mengatasi peradangan

Sebuah studi yang dipublikasian pada Molecular Nutrition and Food Research menunjukkan kandunga apigenin juga bisa mengurangi kerusakan yang ditimbulkan efek peradangan di dalam tubuh Anda, mengurangi peradangan itu sendiri, serta mengembalikan keseimbangan imunitas Anda.


5. Sumber antioksidan tinggi

berrys
Selain buah berry, seledri juga tinggi antioksidan. (foto: pixabay)

Selain buah-buahan berwarna cerah, seledri juga mengandung antoksidan tinggi. Di dalam tubuh, zat itu akan berguna melindungi sel-sel tubuh, melindungi pembuluh darah, dan organ-organ lain dari kerusakan oksidatif. Selain itu, seledri juga mengandung vitamin C, beta karoten, dan flavonoids yang bagus untuk kesehatan tubuh. Tak hanya itu, seledri juga merupakan sumber fitonutrien yang dipercaya mampu mengurangi peradangan di dalam saluran pencernaan, sel-sel, pembuluh darah, dan organ-organ lainnya secara instan.


6. Mencegah kanker

Hindari kanker dengan makan seledri secara rutin. Kandungan apigenin dipercaya punya efek antikanker. Selain itu, seledri punya kandungan flavonoid yang disebut luteolin. Zat tersebut pun punya efek melawan kanker.


Sebuah setudi yang dipublikasian pada Current Cancer Drug Targets menjelaskan bahwa Luteolin memang memiliki kemamampuan mencegah perkembangan sel kanker. Pasalnya, substansi itu membuat sel-sel kanker lebih mudah diserang oleh zat kimia yang digunakan pada terapi kanker.

Selain keenam manfaat tersebut, seledri juga dipercaya dapat membuat tidur lebih nyenyak, meningkatkan gairah seksual, mengobati encok dan arthritis, serta mengurangi aliran ASI pada ibu menyusui. Ingin membuktikan khasiatnya? Asup seledri secara teratur ya.(*)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH