MotoGP

Highlights MotoGP Inggris, Bagnaia Taklukkan Silverstone

Andrew FrancoisAndrew Francois - Senin, 08 Agustus 2022
Highlights MotoGP Inggris, Bagnaia Taklukkan Silverstone
Bagnaia jadi juara di MotoGP Inggris 2022. (Foto: MotoGP)

SETELAH jeda akhirnya Fabio Quartararo dan kawan-kawan kembali beradu nyali di lintasan MotoGP pada seri ke-11 di Sirkuit Silverstone, Inggris Raya. Perebutan gelar juara dunia berlanjut, Aleix Espargaro harus berupaya memperkecil jarak poin di klasemen dengan Quartararo.

Balapan telah usai bergulir, Francesco Bagnaia sukses taklukkan sirkuit sepanjang 5,89 km itu. Sementara Maverick Vinales meraih podium keduanya bersama Aprilia musim ini, hampir meraih puncak podium GP Inggris. Sayangnya dia melakukan serangkaian kesalahan kecil pada putaran terakhir hingga harus mengakui keunggulan Bagnaia.

Sementara pembalap Lenovo Ducati Team lainnya, Jack Miller melengkapi podium ketiga, menjalani balapan yang ketat, namun berhasil mengunci poin berharga untuk membantu Ducati meraih gelar juara konstruktor. Adapun Enea Bastianini menjadi pembalap satelit tercepat hari ini, menyabet peringkat keempat tanpa winglet kiri di motornya.

Alex Rins dari tim Suzuki Ecstar yang sempat tampil meyakinkan pada tengah balapan, harus puas di posisi ke ketujuh setelah tercecer sejak disalip Bagnaia pada putaran kesebelas. Lantas, penampilan menarik apa saja yang terjadi pada GP Inggris? Berikut rangkuman informasinya.

Baca juga:

Begini Spesifikasi Motor MotoGP, Bisa Tembus 350 km/jam

Vinales buktikan Aprilia GP 22

Vinales tampil sangat kompetitif di GP Inggris 2022. (Foto: MotoGP)

Meski hanya mampu meraih podium kedua, namun Vinales berhasil mengonfirmasi kemampuan motor Aprilia GP 22. Ia sempat tercecer hingga ke posisi enam pada awal balapan. Perlahan dia berhasil naik ke posisi dua dan bertarung dengan Bagnaia pada dua putaran terakhir.

Bagnaia kejar juara dunia

Bagnaia masih ingin ikut perburuan gelar juara dunia MotoGP 2022. (Foto: MotoGP)

Saat ini Bagnaia memang masih menduduki peringkat keempat di klasemen MotoGP 2022, dan berjarak 48 poin dari Quartararo di puncak klasemen. Namun hari ini ia menekankan bahwa Ducati masih bergabung dalam perburuan gelar juara dunia. Bila konsisten, Bagnaia bisa jadi ancaman serius untuk Quartararo dan Espargaro.

Baca juga:

MotoGP, Olahraga Mahal Hingga Miliaran Rupiah

Quartararo kehilangan tajinya

Quartararo ciut di GP Inggris 2022. (Foto: MotoGP)

Tampil cukup konsisten hingga memuncaki klasemen MotoGP sepanjang paruh musim 2022, pada seri kesebelas ini Quartararo seolah kehilangan tajinya. Ia memang sempat menjalani hukuman long lap penalty akibat insiden pada GP Belanda, namun pembalap Monster Energy Yamaha itu tetap tak dapat bertarung di baris terdepan pada GP Inggris 2022.

Espargaro jalani balapan nan sulit

Cidera membuat Espargaro sulit kompetitif di GP Inggris 2022. (Foto: MotoGP)

Pembalap tim Aprilia itu sempat mengalami kecelakaan parah pada sesi latihan bebas ketiga GP Inggris 2022, yang membuatnya sempat mengalami cidera kecil pada kedua kakinya. Namun hari ini ia tetap balapan, dengan segala rasa sakit pada tubuhnya, berhasil mengamankan posisi kesembilan untuk tujuh poin berharga.

Bastianini tampil kompetitif

Tak ada winglet kiri tak masalah bagi Bastianini. (Foto: MotoGP)

Pembalap independen dari tim Gresini Racing Ducati itu sempat mengalami kontak dengan Marco Bezzecchi pada awal balapan, membuat winglet kirinya terlepas dari motor. Kehilangan satu winglet bisa membuat motor MotoGP sulit dikendarai, namun Bastianini tetap mampu bertarung untuk mengunci posisi keempat. (waf)

Baca juga:

Dari Paling Tinggi hingga Terendah, Segini Bayaran Pembalap MotoGP

#MotoGP #Otomotif
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan