Otomotif

Highlights MotoGP Belanda, Balapan Penuh Drama dan Kejutan

Andrew FrancoisAndrew Francois - Minggu, 26 Juni 2022
Highlights MotoGP Belanda, Balapan Penuh Drama dan Kejutan
Francesco Bagnaia juarai MotoGP Belanda 2022. (Foto: MotoGP)

SERI balap MotoGP ke sebelas telah selesai digelar di Sirkuit TT Assen, Belanda. Sebanyak 24 pembalap saling beradu kecepatan, berusaha menjadi yang pertama melewati garis finis. Namun hanya Francesco Bagnaia yang mampu melibas tikungan dan lintasan lurus dengan sangat cepat hingga membawanya ke puncak podium.

Dirinya memulai balapan dari urutan pertama setelah meraih pole position pada sesi kualifikasi, Sabtu (25/6). Setelah lampu merah padam, pembalap yang kerap dijuluki Pecco itu langsung melesat dan mengamankan kursi pimpinan balapan. Fabio Quartararo, Aleix Espargaro, Jorge Martin, hingga Marco Bezzecchi mengikuti di belakang.

Perlahan Pecco terus memperlebar jarak, Espargaro dan Quartararo terus berusaha menempel dari belakang. Pertarungan sengit terjadi, banyak drama dan kejutan datang dari seri ke sebelas MotoGP musim 2022 itu. Bila kamu ketinggalan, berikut adalah highlights MotoGP Belanda yang harus kamu tahu.

Baca juga:

Highlights MotoGP Italia 2022, Bagnaia Menang Balapan Kandang

1. Fabio Quartararo terjatuh

Quartararo terjatuh dan menyeret Espargaro. (Foto: MotoGP)

Pembalap Monster Energy Yamaha Quartararo sempat menempel ketat Espargaro pada awal-awal balapan, hingga di tikungan lima saat balapan baru berjalan empat putaran. Quartararo terjatuh kala mencoba mengambil alih posisi Espargaro.

Espargaro yang berada tepat di samping kanan Quartararo terpaksa ikut terseret keluar dari lintasan meski tidak ikut terjatuh. Namun posisi Espargaro merosot hingga ke-15, akhirnya Espargaro bergegas kembali ke lintasan dan berusaha memperbaiki posisinya.

2. Espargaro tunjukkan kualitas

Espargaro sukses memperbaiki posisinya. (Foto: MotoGP)

Meski sempat merosot hingga ke posisi 15, namun Espargaro berhasil menunjukkan kualitasnya sebagai pembalap dan kualitas motor RS-GP 2022. Dirinya perlahan merangkak naik, memperbaiki posisinya, menyalip pembalap demi pembalap untuk kembali di barisan depan.

Kendati tak berhasil menjuarai balapan, namun dalam selang waktu 23 putaran, Espargaro sukses menyabet 13 poin usai finis di posisi ke empat. Bahkan raihan itu ditorehkannya usai menyalip Brad Binder dan Jack Miller pada tikungan terakhir sebelum garis finis.

Baca juga:

Seri Pamungkas GP Valencia 2015 Dalam Bentuk Animasi

3. Podium pertama Marco Bezzecchi

Bezzecchi raih podium pertamanya di MotoGP. (Foto: MotoGP)

Pembalap pemula dari tim Mooney VR46 Racing Team juga menorehkan hasil positif pada GP Belanda 2022 ini. Dirinya menjaga kecepatan balapnya tetap konsisten, terus melaju dengan cepat hingga sukses finis di podium kedua, tepat di belakang rekan satu akademinya Pecco.

"Ini merupakan hasil yang baik, saya senang bisa berada di podium ini dan senang bisa bekerja dengan maksimal untuk mengumpulkan poin bagi tim. Bahagia sekali rasanya bisa menorehkan poin penting sebelum menutup paruh musim dengan liburan esok," kata Bezzecchi saat diwawancarai di Parc Ferme.

4. Podium pertama Maverick Vinales bersama Aprilia

Podium pertama bagi Maverick Vinales bersama Aprilia. (Foto: MotoGP)

Meski pembalap utama Aprilia Espargaro gagal meraih podium di balapan kali ini, namun pembalap anyar mereka Vinales berhasil meraih podium pertamanya bersama tim itu. Vinales sempat tertahan di posisi kelima pada awal balapan.

Namun ia berhasil menunjukkan kualitasnya, terus merangkak naik hingga menduduki posisi ketiga di balapan. Jack Miller pembalap Ducati memang sempat memberinya perlawanan pada tiga putaran terakhir, namun Vinales berhasil mempertahankan posisinya dan menorehkan podium ketiga. (waf)

Baca juga:

Jorge Lorenzo Sindir Tuduhan Valentino Rossi

#MotoGP #Otomotif
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan