Grup Rap Higher Brothers Rilis Lagu Spesial Imlek 'Gong Xi Fa Cai' Rapper Cina Higher Brothers Rilis Lagu Spesial Imlek (foto: hotnewhihop.com)

BERBICARA tentang musik rap atau hip-hop, sudah pasti kita mengacu pada nama-nama atau artis yang berasal dari negeri asal genre musik tersebut, Amerika.

Dari Tiongkok? Tidak banyak orang yang memperhatikan atau mendengarkan perkembangan hip-hop dari 'Negeri Tirai Bambu'. Namun, ada lo satu nama yang mengangkat nama Tiongkok di jagat musik hip-hop. Mereka ialah kelompok rapper asal Chengdu, Higher Brothers.

Menjelang perayaan tahun baru Imlek, kelompok rapper yang beranggotakan Melo, Psy P, Masiwei, dan DZKNOW itu merilis lagu spesial untuk menyambut Imlek berjudul Gong Xi Fa Cai.

Gong Xi Fa Cai yang yang dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai ucapan selamat tahun baru merupakan pepatah umum setiap perayaan Imlek. Higher Brothers jadi yang pertama mengangkat ungkapan itu melalui lagu dengan genre trap, sub-genre dari musik rap atau hip-hop.

Siapa sih sebenarnya mereka? Nih, beberapa fakta tentang Higher Brothers.

1. Higher Brothers Dimulai dari Chengdu

Higher Brothers Imlek
Higher Brothers rapper asal Chengdu, Cina (foto: xxlmag.com)

Chengdu Rap House (CDC), sebuah kelompok hip-hop di Tiongkok menyatukan empat orang sebagai Higher Brothers. Sebelumnya, mereka telah mempunyai proyek musik masing-masing. P dan Melo bergabung dengan CDC pada 2011, sedangkan MaSiWei bergabung pada 2013.

Berselang dua tahun, mereka mulai membuat musik, membentuk audiensi secara daring, lalu menarik perhatian label internasional. Dari sana, mereka kemudian menandatangani kontrak rekaman dan mengeluarkan album studio pertama mereka, Black Cab, pada Mei 2017.

Higher Brothers telah membangun momentum album dengan dua EP yang mereka rilis, Journey to the West dan Type-3. Keduanya menampilkan lagu solo dari setiap personel.

2. Tergabung dalam 88rising

Higher Brothers 88rising
Banyak artis Asia yang bergabung dalam 88rising (foto: newyorker.com)

88rising merupakan hybrid management, label rekaman, sekaligus perusahaan pemasaran dan produksi video. Perusahaan itu telah mendapatkan popularitas sebagai platform musik dan label terutama untuk artis-artis Asia, seperti Niki, Keith Ape, Rich Brian, Joji, termasuk satu yang paling besar, yakni Higher Brothers.


3. Mendapatkan Pengakuan dari Rapper Amerika

Pada 2017 lalu, sebuah video berjudul Rappers React to Higher Brothers muncul di YouTube. Video itu diunggah akun resmi 88rising. Video tersebut menampilkan sekitar 13 rapper Amerika yang sudah memiliki nama, di antaranya Lil Yachty, Migos, Playboi Carti, dan KYLE.

Tidak disangka, para rapper Amerika yang ada dalam video itu suka dengan lagu Higher Brothers yang berjudul Made in China. Alhasil, beberapa dari mereka bersedia untuk melakukan kolaborasi dengan kelompok rap asal Tiongkok tersebut.


4. Segera Merilis Album Baru

Higher Brothers Five Star ALbum
Selain single spesial imlek, Higher Brothers segera rilis album baru (foto: kulturehub)

Higher Brothers nampaknya akan memulai tahun baru Imlek mereka dengan merilis album baru. Mereka bahkan merilis single berjudul Open It Up di awal 2019. Lagu itu disebut sebagai single pertama mereka dengan irama hip-hop old school.

Lagu Open It Up merupakan single pertama untuk album kedua mereka yang bertajuk, Five Star. Kabarnya, album itu akan rilis 22 Februari mendatang. (ADP)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH