High Density Computer Accelerator Tercepat untuk Server Anda

Fadhli Fadhli - Minggu, 22 Maret 2015
High Density Computer Accelerator Tercepat untuk Server Anda
HDCA merupakan perangkat komputasi yang berfungsi untuk mendukung atau pun meningkatkan kinerja server. (Foto: hardwarezone)

MerahPutih Teknologi - Anda mungkin pernah mendengar dan melihat komputasi server intensif yang menggunakan empat atau bahkan delapan GPU, namun One Stop Sistem adalah yang pertama menjejalkan 16 papan akselerator dalam rak 3U. Dikatakan "papan akselerator" karena sistem ini dapat menggunakan papan dari AMD, Intel, dan NVIDIA, baik secara eksklusif atau bahkan dalam array campur.

Menurut hardwarezone, ini bukan lah rak server, tetapi sebuah High Density Computer Accelerator (HDCA), yaitu alat yang terlihat seperti rak server. Hampir seluruh tubuhnya adalah papan akselerator, yang menggunakan tiga power supply 3000 watt, sistem manajemen daya dan backplane PCIe untuk menghubungkan hingga 4 komputer host / server melalui konseksi PCIe x16 Gen.3. (Baca: EK Merilis Pendingin Air untuk NVIDIA GeForce GTX)

Fungsi HDCA adalah untuk mendukung kinerja server Anda. HDCA dapat menambahkan kekuatan teraflops komputasi, juga berfungsi sebagai konfigurasi independen server utama anda. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengelola kebutuhan komputasi server mereka secara modular, dibandingkan harus merombak ulang susunan server, kecuali server anda sudah usang dan harus digantikan. (Baca: Kingston Rilis RAM DDR4 untuk Intel Xeon D-1500 SoCs)

Jika ingin menggunakan HDCA ini, saat di pabrik, anda bisa mengkonfigurasinya dengan GPU NVIDIA Tesla atau Intel Xeon coprocessors Phi. Jika anda ingin menggunakan konfigurasi terkuat, anda dapat menggunakan rak dengan 16 akselerator Tesla K80 yang akan menghasilkan kecepatan kerja hingga 139.8Tflops dengan grand total 79.872 CUDA core. Lebih dari cukup untuk menganalisis data, pengolahan gambar, pemodelan cuaca, dan tugas-tugas lain semacam itu.

Satu HDCA diberi harga mulai dari US $ 16.000 (sekitar Rp208 juta) tanpa papan akselerator. Ini tentu mahal, tetapi juga menjadi aset yang pantas untuk harganya.

#NVIDIA #Intel #HDCA
Bagikan
Ditulis Oleh

Fadhli

Berkibarlah bendera negerku, tunjukanlah pada dunia.
Bagikan