olahraga-singlepost-banner-1
Hierro Masih Trauma, Spanyol Tunjuk Luis Enrique Pelatih Baru Timnas Luis Enrique (kanan) saat melatih Barcelona. Foto: Espnfc
olahraga-singlepost-banner-2
olahraga-singlepost-mobile-banner-7

MerahPutih.com - Mantan pelatih Barcelona Luis Enrique resmi ditunjuk untuk menjadi pelatih baru timnas Spanyol. Keputusan ini diambil setelah pelatih sementara Fernando Hierro menolak tawaran perpanjangan kontrak dari Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) usai kegagalan di Piala Dunia 2018.

Pernah menjadi gelandang untuk Sporting Gijon, Real Madrid, dan Barcelona, Luis Enrique memenangi dua gelar Liga Spanyol, satu gelar Liga Champions, dan tiga Piala Raja sebagai pelatih Barca dari 2014 sampai 2017.

Enrique juga pernah melatih tim cadangan Celta Vigo dan Barca dan menghabiskan setahun terakhir untuk beristirahat setelah meninggalkan Nou Camp pada Mei 2017.

Penunjukkan Enrique sebagai pelatih baru Spanyol ini dibocorkan harian ternama Spanyol, Marca. Laporan serupa juga disampaikan stasiun radio Onda Cero dan situs harian AS.

Kapten Timnas Spanyol, Sergio Ramos (kanan) memegang kepalanya usai negaranya dikalahkan Rusia (FIFA.com)

Federasi telah menjadwalkan konferensi pers untuk mengumumkan perubahan struktur organisasi setelah Fernando Hierro, yang melatih tim pada Piala Dunia, meninggalkan perannya sebagai direktur pelaksana.

Juara 2010 itu disingkirkan dari turnamen akbar tersebut oleh tuan rumah Rusia pada putaran kedua, kalah adu penalti 3-4 setelah bermain imbang 1-1. Kekecewaan atas tersingkirnya timnas Spanyol dari Piala Dunia 2018 memaksa Hierro memutus kerja samanya dengan RFEF.

RFEF sedianya menawarkan kembali pekerjaan sebagai Direktur Olahraga Spanyol kepada Hierro, namun, dia menolaknya. Disinyalir, Hierro ingin mencari tantangan baru. Entah itu kembali melatih klub setelah sebelumnya melatih Oviedo atau menjabat sebagai direktur di tempat lainnya.

spanyol
Pelatih Spanyol, Fernando Hierro (kanan) (FIFA.com)

"Setelah bertahun-tahun bersama, Federasi Sepak Bola Spanyol dan Fernando Hierro telah mengakhiri kerja sama, menyusul hasil dari perjalanan Spanyol di Piala Dunia Rusia. Pelatih timnas Spanyol menolak (kesempatan) kembali ke pekerjaan sebelumnya sebagai Direktur Olahraga RFEF, untuk mencari tantangan baru," bunyi pernyataan di laman resmi RFEF, Minggu (8/7).

"Federasi ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada Fernando Hierro atas komitmen dan rasa tanggung jawabnya, baik itu untuk keberaniannya menjabat sebagai pelatih timnas, atau untuk sikapnya kepada federasi. Pintu akan selalu terbuka untuknya."

Hierro, 50 tahun, menjadi Direktur Olahraga Spanyol selama dua periode, yakni pada medio 2007-2011 dan 2017-2018. Dia ditunjuk sebagai pelatih dadakan oleh RFEF sehari sebelum Piala Dunia 2018 berlangsung, untuk menggantikan Julen Lopetegui. (*)


olahraga-singlepost-mobile-banner-3
Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH


olahraga-singlepost-banner-4
olahraga-singlepost-banner-5
olahraga-singlepost-banner-6