Hideo Kojima: Karakter Spider-Man Mirip Superhero Jepang Hideo Kojima ungkap karakter superhero Spider-Man mirip dengan superhero Jepang ini (Sumber: Berbagai Sumber)

SPIDER-MAN merupakan salah satu karakter superhero andalan Marvel dengan penggemar yang sangat banyak. Mulai dari asal usul Peter Parker menjadi manusia laba-laba, busana yang digunakan, hingga gerakannya membuat penggemar begitu mengagumi sosoknya. Meskipun Spider-Man dianggap sebagai salah satu superhero ikonik Marvel, rupanya karakternya mirip dengan superhero asal negeri sakura loh. Hal tersebut diungkapkan oleh seorang video game designer asal Jepang, Hideo Kojima.

Baca juga:

Misteri yang Hanya Bisa Terbongkar Setelah Menonton Spider-Man: Far From Home

Sosok Kojima sendiri telah malang melintang di dunia grafis bertahun-tahun. Sebagai seorang desainer, ia tak hanya memahami desain untuk video game tetapi juga karakter komik dari berbagai belahan dunia.

Hideo Kojima
Hideo Kojima (Sumber: Nikkei Asian Review)

Ketika ditanya oleh media Jepang, Famitsu tentang karakter komik Amerika yang digemarinya, Kojima refleks menjawab Spider-Man. "Jika pada umumnya karakter superhero digambarkan sempurna, sosok Peter Parker merupakan superhero yang masih khawatir dengan berbagai isu di hidupnya dan itu mirip karakter pahlawan Jepang," bebernya.

Baca juga:

4 Kostum yang Akan Dipakai Peter Parker di 'Spider-Man: Far From Home'

Ia mengatakan bahwa Peter Parker yang mulanya memiliki hidup normal lalu berubah menjadi pahlawan setelah kecelakaan memiliki kesamaan dengan karakter Kamen Rider. "Kamen Rider awalnya adalah orang biasa yang diculik oleh organisasi teroris dan berubah menjadi mutan belalang. Ia berhasil melarikan diri dan mengenakan topeng untuk memerangi kejahatan," urainya membahas kemiripan antara Spider-Man dan Kamen Rider. Selain Kamen Rider, konsep Spider-Man juga membuat penonton Jepang terbayangkan oleh superhero Super Sentai, Power Rangers.

Spider-Man Far From Home
Spider-Man (Sumber: Hollywood Reporter)

Walaupun mengatakan karakter superhero dari dua benua tersebut mirip, ia tak lantas menuding jika salah satu karakter mencontek karakter yang lainnya. Ia menuturkan bahwa kesamaan kostum, karakter, dan fisiknya justru membuat karakter Spider-Man sukses merangkul penonton Jepang.

Baca juga:

Pelajaran Hidup yang Bisa Kita Ambil dari Film 'Spider-Man: Far From Home'

"Kesamaan tersebut membuat penonton Jepang merasa familiar dengan karakter Spider-Man. Hal itu membuat masyarakat Jepang pun lebih mudah tertarik pada sosok Spider-Man daripada superhero Amerika lainnya," jelas Kojima. (avia)

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH