Hidayat Nur Wahid Calon Kuat Pemimpin MPR dari PKS Anggota DPR fraksi PKS Jazuli Juwaini (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)

Merahputih.com - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menunjuk kembali Jazuli Juwaini sebagai Ketua Fraksi PKS DPR 2019-2024.

"Saya ditugasi jadi ketua fraksi kembali pada periode ini. Mudah-mudahan ke depan Fraksi PKS makin lebih baik dan lebih nyata perjuangannya di parlemen," ujar Jazuli usai rapat pleno perdana Fraksi PKS di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10).

Baca Juga

Motif Haji Lulung Ingin Duduk di Komisi III DPR RI

Jazuli mengatakan, salah satu kandidat kuat PKS adalah Hidayat Nur Wahid (HNW). HNW menjabat Wakil Ketua MPR 2014-2019. "Bisa jadi, salah satu kandidatnya bisa jadi Pak Hidayat Nur Wahid," kata dia.

Jazuli menyebut, nama calon pimpinan MPR dari PKS akan diumumkan dalam satu hingga dua hari ke depan.

Politisi PKS Hidayat Nur Wahid
Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid (Daru/PKS Foto)

Ia mengatakan, penentuan nama calon pimpinan MPR menunggu pemilihan pimpinan DPD serta DPR. "Biasanya urutannya pimpinan DPR ditentukan dulu. Pimpinan DPD ditentukan dulu. Setelah itu baru kita menentukan pimpinan MPR karena MPR pimpinannya terdiri dari DPD dan partai-partai di DPR," ujar Jazuli.

Jazuli menambahkan, partainya tidak megincar kursi pimpinan MPR. Sebab, PKS menyadari perolehan suaranya di DPR berada di urutan ketujuh.

Baca Juga

Jadi Anggota DPR, 'Si Doel' Incar Posisi di Komisi X

PKS ingin rasional dan realistis dengan hanya mencalonkan Wakil Ketua MPR sesuai UU MD3 hasil revisi yang memberikan 9 kursi Wakil Ketua MPR. "Kita ini harus realistis saja. Kita (urutan perolehan suara) nomor 7, Alhamdulilllah, sudah masuk pimpinan saja sudah Alhamudillah," katanya.

Sebanyak 575 anggota DPR 2019-2024 telah dilantik hari ini. Mereka diambil sumpah/janji jabatan untuk mengemban tugas selama lima tahun ke depan. (Knu)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH