Musik

Hiatus 5 Tahun, Young Fathers kembali dengan ‘Tell Somebody’

Dwi AstariniDwi Astarini - Senin, 26 Desember 2022
Hiatus 5 Tahun, Young Fathers kembali dengan ‘Tell Somebody’
Young Father kembali dengan 'Tell Somebody'.(foto: Fiona Garden)

TRIO peraih penghargaan Mercury asal Edinburgh, Inggris Raya, Young Fathers, kembali setelah hiatus selama 5 tahun. Alloysious Massaquoi, Kayus Bankole, dan G Hastings merilis Tell Somebody. Di waktu bersamaan, mereka juga mengumumkan album terbaru, Heavy Heavy yang siap dirilis pada 3 Februari 2023.


Album ini akan menjadi yang keempat sekaligus album pertama sejak album Cocoa Sugar yang dirilis pada 2018. Berisikan 10 lagu, album Heavy Heavy memiliki pendekatan ala back-to-basics yang dibuat dengan sederhana oleh Young Fathers di sebuah studio bawah tanah dengan mic dan beberapa peralatan lainnya.

BACA JUGA:

‘I’m Yours’, Afirmasi Cinta dalam Balutan Afro Beat ala Kofi



Tell Somebody merupakan sebuah lagu yang memesona dan memikat, diwarnai atmosfer paduan suara nan mistis dan sinematik. Lagu ini menjadi pembuka sempurna untuk album Heavy Heavy. Lagu ini menampilkan sound yang lebih kuat dan sinematik daripada single-single mereka sebelumnya, semisal Geronimo dan I Saw.

Lagu ini menjadi bukti kemampuan Young Fathers membawakan berbagai jenis musik. Dinamika lagu Tell Somebody mengajak semua pendengarnya ke sebuah perjalanan yang dimulai perlahan, tapi terus naik menuju klimaks nan memesona.

young fathers
Caption



Bersamaan dengan perilisan single ini, dikeluarkan juga videoklip hasil kolaborasi mereka dengan sineas Austria-Nigeria berusia 23 tahun, David Uzochukwu. Videoklip ini dengan sempurna memvisualisasikan atmosfer luas dan bebas lagu ini.

Sejak perilisan dua mixtape legendaris mereka, Tape One, di 2011 dan Tape Two di 2013, Young Fathers telah meraih pujian baik dari para pencinta musik di seluruh dunia termasuk sesama musisi dan seniman lainnya. Mereka mendapatkan dukungan dari David Byrne, Massive Attack, Idles, M.I.A, Florence Welch, Sam Fender, Janelle Monae, Self Esteem, dan Danny Boyle. Boyle bahkan menggunakan tujuh lagu mereka untuk sekuel film Trainspotting.



Young Fathers dikenal dengan penampilan live mereka yang elektrik, menjadikan mereka salah satu musisi generasi mereka yang harus ditonton secara langsung. Mereka telah tampil di lima benua dan melakukan tur bersama para kolaborator mereka termasuk Massive Attack, Florence + The Machine, LCD Soundsystem, dan Yeah Yeah Yeahs.(dwi)

BACA JUGA:

Album Indonesia Terbaik Sepanjang Tahun 2022

#Musik
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan