Hewan Solo Zoo Terancam Kelaparan, Komunitas Pengusaha Mebel Sumbang Puluhan Juta Sedulur Kayu dan Mebel (Sekabel) Indonesia menyerahkan bantuan uang tunai untuk membeli pakan hewan Solo Zoo, Selasa (19/5). (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Komunitas pengusaha mebel yang tergabung dalam Sedulur Kayu dan Mebel (Sekabel) Indonesia memberikan bantuan sebesar Rp50 juta kepada Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau Solo Zoo, Jawa Tengah, Selasa (19/5). Bantuan tersebut digunakan untuk membeli pakan ratusan hewan yang terancam kelaparan akibat tidak ada pemasukan tiket untuk beli pakan selama wabah corona.

Ketua Umum Sekabel Indonesia, Setyo Wisnu Broto, mengungkapkan pendemi COVID-19 membuat banyak pihak terkejut dengan dampak yang dibawanya sangat luar biasa. Bahkan, dampak COVID-19 tidak hanya bagi manusia, tetapi juga bagi satwa di kebun binatang TSTJ.

Baca Juga:

Mirisnya Kondisi Kebun Binatang Terdampak Corona, Minim Dana Paksa Binatang 'Diet'

"Selama ini bantuan hanya fokus pada pembagian sembako dan APD. Padahal, ada mahluk hidup lainnya yang juga butuh makan seperti hewan di Solo Zoo. Kita bantu selama bisa memberikan bantuan," kata Wisnu.

Solo Zoo mendapat sumbangan dari pengusaha mebel Solo
Para pengusha Mebel menyumbangkan uang untuk beli pakan hewan di Solo Zoo (MP/Ismail)

Ia mengatakan Solo Zoo tidak hanya sekedar tempat wisata kebun binatang, tetapi sebagai tempat konservasi bagi hewan-hewan langka di Indonesia. Atas dasar tersebut, dari Sekabel Indonesia mengambil langkah penggalangan dana dan memberikan sumbangan berupa uang tunai untuk membantu satwa dan juga operasional TSTJ.

"Donasi ini merupakan hasil penggalangan dana dari anggota Sekabel Indonesia yang berhasil kita kumpulkan dalam waktu singkat," kata dia.

Ia menambahkan total dana hasil donasi yang terkumpul sebanyak Rp200 juta. Dana Rp50 juta disumbangkan untuk beli pakan dan operasional Solo Zoo. Sisanya Rp150 juta untuk membeli 500 paket sembako dan APD bagi warga kurang mampu.

Baca Juga:

Solo Zoo Galang Donasi untuk Beli Pakan Hewan Terancam Kelaparan, 17 Ribu Tiket Terjual

Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo mengapresiasi donasi yang dikumpulkan komunitas pengusaha mebel ini untuk Solo Zoo. Bantuan dari para donatur dan masyarakat ini akan dimanfaatkan dengan baik.

"Dana APBD Pemkot Solo banyak terserap dalam penanganan corona. Kami butuh partisipaasi semua pihak untuk bersama melestarikan hewan di Solo Zoo," pungkas Purnomo.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

Solo Zoo Butuh Dana Membeli Pakan Ratusan Hewan, Pengelola Galang Donasi



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH