Hewan Peliharaan yang Sakit Dapat Pengaruhi Kesehatan Mental Majikan

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Senin, 25 September 2017
Hewan Peliharaan yang Sakit Dapat Pengaruhi Kesehatan Mental Majikan
Hewan peliharaan sudah seperti keluarga sendiri (Foto:shutterstock)

HEWAN peliharaan sudah seperti keluarga sendiri. Banyak hal yang dilalui bersama peliharaan kesayangan Anda layaknya teman. Kucing, anjing, dan burung merupakan beberapa hewan yang lazim dipelihara.

Seperti kehilangan anggota keluarga, kehilangan hewan peliharaan juga bisa menjadi hal yang menyedihkan, bahkan dapat memengaruhi kesehatan mental.

Seperti dilansir Huffington Post, sebuah studi terbaru yang dipublikasikan jurnal Veterinary Record menemukan orang yang memelihara hewan mengalami peningkatan stres saat peliharaan mereka sakit. Dengan kata lain, kecemasan meningkat bagi para majikan saat hewan mereka mengalami gangguan kesehatan.

(Foto: pixabay)

Penulis jurnal tersebut menyebar kuisioner keada 119 orang dengan hewan peliharaan sehat dan 119 orang dengan hewan peliharaan yang sakit. Survei tersebut untuk mengukur keadaan psikologis para pemilik hewan peliharaan dengan pertanyaan yang menentukan tingkat depresi, kecemasan, dan tingkat stres.

Hasilnya, mereka yang memiliki hewan peliharaan sakit mendapat nilai tinggi tinggi terkait dengan masalah mental jika dibandingkan dengan mereka yang memiliki hewan peliharaan sehat. Hasil tersebut juga melaporkan orang dengan hewan peliharaan sakit memiliki suasana hati yang buruk. Di kantor, mereka juga selalu merasa gelisah dan tidak puas. Hal tersebut juga memengaruhi hubungan asmara mereka.

(Foto: stylemann)

Para peneliti menyebut fenomena itu sebagai 'beban pengasuh'. Artinya, mereka yang merawat hewan tercinta yang sakit akan merasakan tekanan psikologis. Tidak mengenai hewan saja, hal serupa juga terjadi jika mereka merawat orang tercinta yang sakit.

Pada intinya, kesedihan mendalam saat kehilangan hewan peliharaan bukanlah hal yang berlebihan. Pengalaman duka yang nyata memang terjadi saat hewan peliharaan jatuh sakit. Terlebih jika hewan peiharaan hilang atau mati.(ikh)

Baca juga artikel mengenai Buat Penghuni Apartemen, WowWee CHiP Bisa Jadi Alternatif Binatang Peliharaan

Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan