'Parents', Punya Hewan Peliharaan Ternyata Bagus untuk Tumbuh Kembang Anak Hewan peliharaan akan banyak membantu anak dalam tumbuh kembang. (Pixabay/Free-Photos)

MEMELIHARA hewan merupakan kesenangan tersendiri bagi mereka yang mencintai binatang. Namun, banyak yang rela berhenti memiliki hewan peliharaan saat memiliki buah hati. Hal itu demi mencegah hal-hal yang berdampak buruk bagi anak.

Terlepas dari keputusan itu, ternyata memelihara hewan dapat memberikan beberapa manfaat untuk tumbuh kembang anak.

1. Mengajarkan anak tanggung jawab

Dua orang anak kecil. (Pixabay/Bess-Hamiti)
Dua orang anak kecil. (Pixabay/Bess-Hamiti)

Gail F Melson, PhD., seorang profesor studi perkembangan anak dari Universitas Purdue, mengungkapkan bahwa keberadaan hewan peliharaan terbukti dapat membuat anak lebih bertanggung jawab.

Ketika memelihara hewan di rumah, secara tidak langsung, orangtua telah mengajarkan anak bahwa terdapat beberapa rutinitas yang harus dilakukan agar kondisi dan kesehatan hewan terus terjaga. Rutinitas yang dimaksud meliputi memberi makan dan mengajak hewan peliharaan jalan-jalan.

2. Merangsang aktivitas fisik

Anak dan boneka. (Pixabay/cherylholt)
Hewan peliharaan membuat anak aktif secara fisik.(Pixabay/cherylholt)

Jangan keburu takut memelihara hewan di rumah. Seperti dilansir Go-Dok, memelihara hewan yang tepat dapat membuat anak lebih aktif secara fisik.

Dengan memelihara hewan, kamu secara tidak langsung telah memberikan anak teman bermain. Lebih baik daripada membiarkan bauh hati sibuk sendiri dengan gadgetnya, bukan?

3. Meningkatkan kecerdasan emosional

Meningkatkan kecerdasan anak. (Pixabay/Bess-Hamiti)

Meningkatkan kecerdasan anak. (Pixabay/pexels)

Dewasa kini, banyak orangtua merasa puas jika anaknya tumbuh menjadi sosok yang cerdas, atau ber-IQ tinggi. Padahal, hal itu tidaklah cukup. Pasalnya, untuk menjadi sosok yang utuh, anak juga harus terbukti cerdas secara emosional.

Oleh karena itu, jangan ragu untuk memelihara hewan di rumah! Hewan peliharaan terbukti dapat membentuk anak menjadi sosok yang cerdas baik dari segi IQ maupun ESQ.

4. Memupuk rasa kasih sayang

Anak yang penuh rasa kasih sayang. (Pixabay/Klimkin)

Adanya hewan peliharaan mengajarkan anak untuk mengasihi. (Pixabay/pexels)

Tahukah kamu bahwa memelihara hewan di rumah terbukti dapat memupuk rasa kasih sayang dalam diri anak? Dengan memelihara kucing atau anjing, kamu telah mengajarkan kepada anak bahwa merupakan kodratnya sebagai manusia untuk mengasihi sesama makhluk hidup.

Kelak, nilai itulah yang akan turut membentuk pribadi anak menjadi sosok yang penuh kasih serta mudah bersimpati pada lingkungan di sekitarnya.

5. Meningkatkan kepercayaan diri

Meningkatkan kepercayaan diri anak. (Pixabay/@Free-Photos)
Hewan peliharaan bisa jadi alternatif teman bermain anak. (Pixabay/nastya_gepp)

Memiliki hewan peliharaan juga mampu meningkatkan kepercayaan diri anak. Studi terakhir menunjukkan bahwa keberadaan hewan peliharaan terbukti dapat meningkatkan kepercayaan diri anak.

Faktanya, adanya hewan di rumah dapat menjadi alternatif teman bermain dan curhat anak. Itulah yang ditenggarai dapat memupuk rasa percaya diri si kecil. Hebat, bukan? (*)

Baca Juga: Lebih Menantang, Alasan Fatin Shidqia Pelihara Kucing

Kredit : zaimul

Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib