HET Sudah Dicabut, Minyak Goreng di Pasar Modern Solo Masih Raib

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Kamis, 17 Maret 2022
HET Sudah Dicabut, Minyak Goreng di Pasar Modern Solo Masih Raib
Stok minyak goreng di pasar modern Solo, Jawa Tengah kosong, Kamis (17/3). (MP/Isamil)

MerahPutih.com - Pemerintah resmi memutuskan untuk melepaskan harga minyak goreng kemasan sederhana dan premium sesuai harga pasar dan hanya mengatur harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng curah. Dengan kebijakan itu diharapkan pasokan minyak goreng di pasar kembali normal.

Namun, yang terjadi di Kota Solo stok minyak goreng khususnya di pasar modern pasokannya tetap kosong. Warga pun kecewa tak bisa mendapatkan minyak goreng dengan mudah akibat kelangkaan barang tersebut.

Baca Juga:

Antrean Minyak Goreng Berujung Nyawa, Jokowi Didesak Evaluasi Mendag

Pantauan MerahPutih.com di sejumlah pasar modern Indomaret dan Alfamart, Kamis (17/3), stok minyak goreng tampak kosong. Padahal, harga minyak goreng kemasan itu sudah naik beragam diatas Rp22.000 per satu liter sampai Rp24.000 per satu liter tergantung merek.

Warga pun yang hendak membeli tampak kecele karena stok kosong. Sementara itu, di pasar tradisional harga minyak goreng juga sudah naik dan stok barang tersedia dalam jumlah sedikit.

"Saya berpikir harga minyak goreng setelah normal lagi seperti semula dengan harga diatas Rp20.000 stoknya kembali banyak. Ternyata ini masih kosong," kata seorang warga Suripto (55) pada Merahputih.com, Kamis (17/3).

Stok minyak goreng di pasar modern Solo, Jawa Tengah kosong, Kamis (17/3). (MP/Isamil)

Suripto mengaku butuh dua liter minyak goreng untuk usaha menggoreng makanan snack pesanan warga kampung. Suripto berharap stok minyak goreng di pasar modern kembali normal.

Seorang petugas Indomaret di wilayah Banjarsari, Astuti (30) mengatakan untuk harga minyak goreng mulai Rabu kemarin sudah naik sesuai aturan pemerintah pusat. Namun, untuk stok barang yang ada saat ini masih kosong. "Harga minyak goreng sudah seperti dulu mulai Rp23.500 sampai Rp24.000 tergantung merek," ungkapnya.

Baca Juga:

Harga Minyak Goreng Kemasan Akan Diserahkan Pada Mekanisme Pasar

Astuti mengatakan untuk stok barang saat ini masih kosong. Barang minyak goreng untuk saat ini dikirim dua hari sekali. "Kemarin baru datang barangnya, toko belum dibuka sudah banyak yang mengantre. Cuma 30 menit ludes terjual," katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Solo, Heru Sunardi mengatakan harga minyak goreng kemasan premium dan kemasan sederhana di sejumlah toko retail maupun pasar tradisional sudah kembali ke harga pasaran.

Kenaikan terjadi seiring dicabutnya kebijakan satu harga dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk minyak goreng kemasan berlaku Rabu (16/3). Pemerintah Pusat berdalih Kebijakan melepas HET ke harga pasar untuk mengendalikan kelangkaan minyak goreng kemasan yang ada di toko retail dan toko modern. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

HET Minyak Goreng Dicabut, Di Solo Harga Tembus Rp 21.000 Per Liter

#Minyak Goreng #Harga Pangan
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan