Heru Budi Dinilai Cocok jadi Pj Gubernur DKI

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 09 September 2022
Heru Budi Dinilai Cocok jadi Pj Gubernur DKI
Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono. Foto: ANTARA

MerahPutih.com - Sosok Penjabat Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan sampat saat ini belum diumumkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Sejauh ini ada tiga calon Pj Gubernur yang digadang-gadang akan menduduki kursi DKI 1, yakni Kepala Sekretariat Presiden (KSP) Heru Budi Hartono, Sekda DKI Marullah Matali, dan Juri Ardiantoro.

Baca Juga

Fraksi Gerindra Tanggapi Usulan Pembentukan Pansel Penentuan Calon Pj Gubernur DKI

"Kalau ngomong kriteria Pj Gubernur itu, menurut saya yang paling mumpuni sebenarnya adalah Heru," kata Anggota Fraksi DPRD DKI Jakarta Mohamad Taufik, Jumat (9/9)

Menurut politisi Gerindra itu, Heru memenuhi empat kriteria sebagai Pj Gubernur. Pertama, Heru memiliki kompetensi menjalankan pemerintahan. Kedua, Heru memahami persoalan Jakarta karena pernah menjadi pejabat Pemprov DKI.

Ketiga, Heru juga memahami kondisi pemerintahan di DKI Jakarta. Serta kriteria keempat adalah kedekatan personal dengan Presiden Joko Widodo.

Menurut Taufik, kriteria itu sangat penting, mengingat Pj Gubernur dipilih oleh Jokowi lewat Kemendagri

"Menurut saya yang paling mumpuni sebenarnya adalah Heru karena punya kedekatan. Kenapa perlu kedekatan? Karena yang ngangkat presiden, nih. Kalau enggak punya kedekatan dengan Presiden, agak repot mengelola pemerintahannya," ujarnya.

Baca Juga

Pimpinan DPRD Sebut Perebutan Kursi Pj Gubernur DKI Hal yang Wajar

Lalu, bagaimana dengan nama-nama lain yang beredar, seperti Sekda DKI Marullah Matali dan Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan Bidang Informasi dan Komunikasi Politik, Juri Ardiantoro.

Marullah, menurut Taufik, juga memenuhi empat kriteria yang dimaksud, Namun, kedekatan Marullah kepada Jokowi tidak sedekat yang dimiliki Heru saat ini.

"Heru menurut saya lebih dekat (dengan Jokowi), ada poin plus-nya," papar mantan Wakil Ketua DPRD DKI Fraksi Gerindra ini.

Sementara Juri Ardiantoro, Taufik menilai yang bersangkutan tidak memenuhi salah satu dari empat kriteria. Meskipun Juri memahami persoalan di Jakarta karena pernah menjadi Ketua KPU DKI Jakarta, namun ia tidak pernah menjadi pejabat di lingkungan Pemprov DKI.

"Juri memang punya kedekatan dengan Presiden, punya kompetensi memahami Jakarta karena mantan Ketua KPU DKI. Tapi, Juri tidak punya pengalaman mengelola Pemprov DKI Jakarta," ungkapnya. (Asp)

Baca Juga

Mendagri Beri Waktu DPRD Usulkan 3 Nama Calon Pj Gubernur DKI sampai 16 September

#Gubernur DKI Jakarta #Heru Budi Hartono #Politikus Partai Gerindra M Taufik
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan