Heru Budi dan Wali Kota Melbourne Bahas Persoalan Iklim dan Penanggulangan Banjir

Mula AkmalMula Akmal - Senin, 04 Desember 2023
Heru Budi dan Wali Kota Melbourne Bahas Persoalan Iklim dan Penanggulangan Banjir
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono dengan Walikota Melbourne, Sally Capp. (Foto: MP/Asropih)

MerahPutih.com - Terselip pembahasan mengenai permasalahan perubahan iklim dan banjir dalam pertemuan antara Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono dengan Walikota Melbourne, Sally Capp di sela-sela agenda Konferensi Tingkat Tinggi Perubahan Iklim - COP 28 di Dubai, Persatuan Emirat Arab (UEA).

Pertemuan bilateral untuk menjajaki rencana kerja sama Jakarta-Melbourne.

Baca Juga:

Ketua DPRD Minta Heru Budi Perlebar Bibir Sungai-Sungai di DKI

"Dari diskusi pertemuan ditemukan fakta bahwa Melbourne dan Jakarta menghadapi tantangan yang serupa, seperti banjir, kenaikan permukaan air laut dan perubahan iklim," kata Heru.

Untuk itu, kata Heru, kedua pemimpin tersebut saling menyampaikan berbagai upaya yang dilakukan dalam menghadapi tantangan itu.

Disamping itu, Heru mengatakan, pertemuan ini adalah langkah strategis untuk memperdalam hubungan antara Jakarta dan Melbourne.

"Melbourne dan Jakarta sama-sama merupakan anggota dari C40 Cities, yang memiliki komitmen kuat untuk mencapai kesepakatan Paris Agreement, yaitu menjaga agar kenaikan suhu global tidak melebihi 1,5 derajat celsius," kata Heru.

Baca Juga:

Ketua DPRD DKI Minta Heru Budi Bersikap Netral dalam Pemilu 2024

Walikota Melbourne, Sally Capp, merespons positif semangat kerja sama yang dibawa oleh Pj. Gubernur DKI Jakarta. Ia pun percaya bahwa sinergi antar kedua kota akan membawa manfaat besar bagi kedua pihak.

"Melbourne dan Jakarta adalah pusat kegiatan ekonomi, budaya, dan pendidikan di masing-masing negara. Bersama-sama kita dapat menciptakan kesempatan baru dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat," kata Walikota Capp.

Lebih lanjut, kedua pemimpin kota juga membahas beberapa bidang yang prospektif untuk ditindaklanjuti, seperti pembangunan urban berkelanjutan, aksi mitigasi perubahan iklim, pertukaran magang bagi para pegawai pelayan publik, dan penjajakan hubungan sister city. (Asp)

Baca Juga:

PKS Sebut Pernyataan Heru Budi Lukai Hati Jokowi: Masa IKN Diisi ASN Malas

#Heru Budi Hartono #DPRD DKI Jakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan