'Here Comes The Sun' Lagu The Beatles yang Paling Diputar Secara Live Streaming Lagu-lagu the Beatles yang paling sering stream. (Foto: Pixabay/272447)

MESKIPUN John Lennon dan Paul McCartney menulis dan mengomposisi banyak lagu dalam bendera the Beatles. Namun bukan lagu-lagu mereka yang paling banya diputar secra streaming.

George Harrison, gitaris, yang menggubah lagu Here Comes the Sun bolehlah berbangga bila masih hidup. Lagu karangannya itu menempati urutan pertama lagu dari grup yang berasal dari Liverpool ini.


Baca juga:

Biar Enggak Cengeng, 3 Lagu Upbeat yang Baru Rilis ini Wajib Kamu Dengarin

musik
Patung the Beatles, grup asal Liverpool yang merevolusi budaya populer. (Foto: Unsplash/IJ Portwine)


Menurut laman Express, posisi lagu itu berada di nomor satu menurut pantauan Official Charts dan BBC Radio 2. Lagu milik anggota the Beatles yang paling pendiam ini, sudah stream selama 50,3 juta kali. Perhitungan yang ada tercatat stream 350 juta kali di seluruh dunia dan 164 ribu kali di Inggris.

Sementara di bawah lagu ini adalah Let It Be, Hey Jude, Come Together, Twist and Shout, Help!, Blackbird, In My Life, Yesterday dan All You Need Is Love. Lagu Here Comes the Sun masuk dalam album Abbey Road (1969).

Lagu itu diciptakan oleh Harrison sewaktu berada di rumah sahabatnya Eric Clapton di Hurtwood Edge, Ewhurst, Surrey. Lagunya berkisah tentang datangnya musim panas dan perasaannya lepas untuk sementara waktu dari hingar-bingar bandnya.


Baca Juga:

Gabung dengan BLACKPINK, Lady Gaga Rilis Lagu 'Sour Candy'

musik
The Beatles yang lagunya banyak dicover musisi lain. (Foto: Pixabay/delightindessert)


Lagu ini direkam di EMI Studios di London pada musim panas tahun 1969. Harrison memandu semua teknis komposisi musik pada lagu ini. Dalam lagu ini dia juga memasukan synthesizer Moog, instrumen anyar yang baru pertama kali dipakai oleh Beatles.

Pada proses rekaman lagu ini hanya ada Harrison, McCartney dan Ringgo. Lagunya diselesaikan hanya dalam 13 kali pengambilan ulang saja. Lennon tidak ikut dalam proses ini karena pada saat itu tengah dalam proses penyembuhan dari kecelakaan mobil.

Untuk menyelesaikan lagu ini, Harrison menghabiskan waktu lebih dari satu jam untuk merekam bagian akustik gitarnya. Pada keesokan harinya Harrison merekam suaranya untuk lagu ini dan pada hari yang sama bersama dengan McCartney merekam suara latarnya.

Lagu ini dan Something menunjukan bahwa the Beatles tidak hanya didominasi oleh McCartney dan Lennon. Album Abbey Road menjadi semacam pembuktian dirinya sebagai musisi yang menciptakan lagu, musik dan lirik yang baik. Lagu Here Comes the Sun menjadi salah satu lagu milik the Beatles yang kerap dicover oleh musisi lain. (psr)


Baca Juga:

Suga BTS Kejutkan Penggemar dengan Merilis Mixtape Kedua Bertajuk D-2

Kredit : paksi


Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH