Hening Cipta Rakernas PDIP Sekaligus Doakan Bung Karno yang Berulang Tahun Hari Ini

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 06 Juni 2023
Hening Cipta Rakernas PDIP Sekaligus Doakan Bung Karno yang Berulang Tahun Hari Ini
Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PDIP di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta, Selasa (6/6). (Foto: Ist)

MerahPutih.com - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri resmi membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PDIP di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta, Selasa (6/6).

Rakernas ini turut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Kepala Pusat Analisis dan Pengendali Situasi PDIP Prananda Prabowo, dan Ketua DPP PDIP yang juga Ketua DPR RI Puan Maharani.

Kemudian, Bendahara Umum PDIP Olly Dondokambey, Wakil Bendahara Umum DPP PDIP Rudianto Tjen dan eks Sekjen PDIP Pramono Anung. Serta, seluruh jajaran DPP partai, ketua, sekretaris dan bendahara DPD PDIP seluruh Indonesia hingga kepala poksi dan pimpinan komisi fraksi PDIP DPR.

Baca Juga:

Jokowi Disambut Ganjar Saat Hadiri Rakernas III PDIP

Adapun tema Rakernas III kali ini adalah "Fakir Miskin dan Anak Telantar Dipelihara oleh Negara". Pembukaan Rakernas diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars dan Hymne PDIP serta Pembacaan Dedication Of Life.

Hasto memimpin mengheningkan cipta dalam acara tersebut. Dia mengatakan bahwa Rakernas III PDIP ini sekaligus momentum kelahiran Presiden Pertama RI Soekarno pada 6 Juni 1901.

"Seraya memohon kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, agar arwah para pahlawan bangsa khususnya Bung Karno diterima di sisi-Nya dan kita dapat mewarisi api perjuangnnya. Mengheningkan cipta dimulai," kata Hasto yang langsung disambut dengan menunduk.

Usai mengheningkan cipta, acara dilanjutkan dengan pembukaan sekaligus pidato politik dari Megawati Soekarnoputri. Namun, pidato politik Megawati Soekarnoputri berlangsung secara tertutup.

"Selanjutnya kita akan mendengarkan pidato politik Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Prof Dr (Hc) Megawati Soekarnoputri, di mana acara ini tertutup. Sekali lagi, acara ini tertutup. Yang terhormat kita beri tepuk tangan meriah, kita sambut, sambutan dari Ibu Prof Dr (Hc) Megawati Soekarnoputri," kata pembawa acara Rakernas.

Baca Juga:

Rakernas III PDIP Bersifat Tertutup, Bahas Aspek Strategis Pemenangan Pemilu

Prananda Prabowo pun menghantarkan Megawati menuju kursi sambutan yang berada di tengah-tengah aula Sekolah Partai.

Lalu, acara pun berlangsung secara tertutup. Siaran Rakernas III PDIP yang disiarkan oleh akun YouTube PDIP pun berhenti.

Sebelumnya, Hasto mengungkapkan alasan pidato Megawati dan Jokowi digelar secara tertutup oleh awak media. Sebab, pidato tersebut berisi soal strategi PDIP dalam menghadapi Pileg dan Pilpres tahun 2024. (Pon)

Baca Juga:

Stafsus Jokowi Sambut Positif Rencana PDIP Bahas Soal Kemiskinan di Rakernas III

#PDIP #Sukarno
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan