Hendak Ledakkan ATM, Warga Domisili Singapura Diamankan Polisi

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Senin, 28 Agustus 2017
Hendak Ledakkan ATM, Warga Domisili Singapura Diamankan Polisi
Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya AKBP Leonard Sinambela (kemeja putih) dan tersangka Widodo Saputro saat berada di Mapolrestabes Surabaya. (MP/Budi Lentera)

MerahPutih.com - Sebelum menuntaskan rencananya untuk meledakkan beberapa ATM di Surabaya, seorang lelaki yang tinggal di Singapura ini akhirnya berhasil dibekuk Polrestabes Surabaya.

Lelaki yang bernama Widodo Saputro ini pun digelandang ke Mapolrestabes untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

"Jadi, dia belajar membuat daya ledak tanpa menimbulkan api itu waktu di Singapura. Namun, akan dipraktikkan di Surabaya untuk mendapatkan uang banyak dari ATM," kata Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya AKBP Leonard Sinambela, Surabaya (28/8).

Sejauh ini, kata Leonard, hasil penyidikan diketahui motifnya masih percobaan pencurian uang, belum mengarah ke motif teroris.

Tertangkapnya Widodo sendiri bermula dari kecurigaan polisi yang melihat mobil Widodo berhenti di Jalan Darmo Harapan, Surabaya karena mogok. Kecurigaan polisi makin menjadi ketika melihat Widodo yang begitu panik.

Saat dilakukan pengecekan, ternyata di dalam mobil ada bahan-bahan yang digunakan untuk membuat ledakan, seperti kabel, Zippo premium sebagai pemantik api, selang regulator, dan oksigen.

"Saat kita interogasi, ngakunya untuk membuat ledakan di ATM, dan berharap boks uang itu akan lepas," kata dia.

Modusnya, kata AKBP Leonard, Widodo akan membuat ledakan di ATM di Surabaya. Sebab, selama di Singapura, Widodo beramsusi bahwa ATM di Surabaya tidak ada penjaganya lantaran kota besar yang sepi.

Sementara, Widodo sendiri mengaku sengaja ingin meledakkan ATM lantaran mempunyai utang 1 milliar rupiah di Singapura.

"Saya kerja main saham dan valas di Singapura. Dan utang saya banyak," kata Widodo.

Berita ini merupakan laporan dari Budi Lentera, kontributor merahputih.com untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya di: Tembak Mati Dua Rampok, Anggota Pasukan Katak Dapat Penghargan Polisi

#Bom #Teror Bom #Polrestabes Surabaya
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan