Hellboy Belum Mampu Kalahkan Shazam! Hellboy (Sumber: Vulture)

HELLBOY adalah film superhero kedua setelah Shazam! di bulan April. Ia muncul setelah lebih dari 10 tahun 'tidur' dari layar lebar. Sayangnya, sosok makhluk merah bertanduk ini tak mampu menandingi kehebatan Shazam!. Hellboy hanya mampu meraih pendapatan sebesar US$12 juta selama pekan penayangannya di Amerika Utara.

Jumlah pendapatan yang terbilang rendah itu membuatnya gagal melawan Shazam! dan hanya duduk di urutan ketiga box office. Film dari DC tersebut mampu mengumpulkan US$25 juta sehingga membuatnya kembali menduduki puncak box office. Sementara di urutan kedua ada Little, film komedi dari Universal Picture dengan keuntungan US$15,4 juta.



Film sequel ini juga tak mampu melawan dua film sebelumnya. Hellboy (2004) berhasil mendapatkan penghasilan US$23,1 juta di pekan pertama penayangan. Sementara film kedua, Hellboy II: The Golden Army bernasib lebih baik karena mampu meraup US$34,5 juta.

Sebenarnya keuntungan yang sedikit ini sudah diprediksi sejak awal. Hellboy dihujani banyak kritikan pedas. Di rotten Tomatoes film ini hanya mendapat ulasan positif dari 22 orang, sementara 103 kritikus lainnya menganggap film Hellboy jelek. Hal itu membuatnya hanya mendapat rating 3,6/10.

Hal yang sama juga terjadi di CinemaScore. Dari skala 'A+' hingga 'F', film yang disutradarai oleh Neil Marshall itu hanya mendapat nilai 'C'. Ditambah lagi rating 'Dewasa' yang dimiliki Hellboy membuat banyak adegan di sensor oleh berbagai negara di dunia.

Hellboy (Sumber:Roger Ebert)
Hellboy (Sumber: Roger Ebert)



Pendapatan sebesar US$12 juta di pekan pertama itu menjadikan Hellboy duduk diposisi terakhir untuk film superhero berpenghasilan terbanyak di bulan April 2019. Sebelumnya Shazam! meraih keuntungan US$53,5 juta di pekan pertamanya di Amerika Utara. Sementara untuk film Avengers: Endgame diprediksi memiliki pendapatan terbesar.

Seperti diberitakan Boxofficemojo, berikut 10 daftar box office pekan kemarin.

1. Shazam! – US$25,1 juta

2. Little – US$15,4 juta

3. Hellboy – US$12 juta

4. Pet Sematary (2019) – US$10 juta

5. Dumbo – US$9,1 juta

6. Captain Marvel – US$8,6 juta

7. Us – US$6,9 juta

8. After (2019) – US$6,2 juta

9. Missing Link – US$5,8 juta

10. The Best of Enemies – US$2 juta


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani