Helikopter APACHE Milik TNI AD Siap Jaga Pertahanan Negara Helikopter APACHE AH-64E buatan Boeing Integrated Defense Systems. (Foto: defence-blog)

BICARA tentang alusista yang dimiliki TNI AD memang tidak pernah lepas dengan transportasi udara alias helikopter. Ternyata peralatan perang yang dimilki prajurit tempur matra ini memiliki tidak main-main. Guna memberikan rasa aman dan ketentraman bagi negeri beberapa perlengkapan yang ganas dan canggih sudah dimiliki oleh TNI.

Dilansir dari Fakta Jurnalisa, TNI AD memiliki 8 unit helikopter APACHE AH-64E. Helikopter buatan Boeing Integrated Defense Systems ini merupakan helikopter canggih dan efektif untuk pertempuran. AH-64 Apache adalah helikopter serbu yang juga dipakai oleh Angkatan Darat Amerika Serikat. Helikopter ini merupakan adik dari helikopter serbu AH-1 Cobra yang dimana kecanggihannya sudah jauh berbeda dibanding AH-1 Cobra.

Baca Juga:

Menengok Tiga Pasukan Elit TNI

Indonesia sendiri merupakan pengguna ke-2 helikopter tempur jenis APACHE ini di kawasan Asia Tenggara. Negara Asia Tenggara yang memiliki terlebih dahulu adalah Singapura. Menurut Boeing Integrated Defense Systems dalam spesifikasi helikopter Indonesia punya kemampuan lebih dibanding AH-64D APACHE LONGBOW milik Singapura yang sudah dibelinya sejak tahun 2006. Yang membuatnya berbeda adalah perlengkapan tempur yang berbeda dan teknologi yang lebih baru.

Helikopter tempur yang dirilis pada Febuari 2003 ini memiliki sensor dan rudal serta radar frekuaensi. Sementara itu APACHE AH-64E adalah seri AH-64D APACHE LONGBOW blok 3 yang kemudian oleh 'Boeing' diberi kode sebagai AH-64E APACHE GUARDIAN dan dirilis baru pada tahun 2012. APACHE AH-64E GUARDAN mengadopsi mesin baru yaitu sepasang mesin T700GE801D dari general elektrik yang punya kekuatan lebih besar dari mesin AH-64D yakni 1.994 se-hape 1.487 kilo wat. Kecepatan maksimum mesin helikopter TNI ini bisa mencapai 300 km/jam sementara AH-64D kecepatan maksimalnya 293KM/jam.

Baca Juga:

Tahun 2020, Alutsista 24 Jet Tempur F-16 Tiba di Indonesia

Helikopter AH-64E dilengkapi dengan beberapa fitur untuk menunjang pelaksanaannya dalam menjalankan misi tempur. Adanya sistem radar penjejak target dan kendali penembakan longbow dan sistem pendeteksi target atau rudal udara ke darat AGM 114 Helfiar. Daya jangkauan efektifnya adalah 8 kilometer roket hydra kalibar 70 mili meter. AHA-64E juga dilengkapi kulakanon M230 Kalibar 30 milimeter yang mampu menembak sebanyak 625 butir peluru permenit.

Senjata dari Helikopter APACHE AH-64E ini tergolong helikopter tempur tercanggih d ikelasnya. Dengan adanya Automatic Gun, senjata ini juga dapat disebut Canon 30 milimeter yang berada dibawah bagian helikopter. Senjata itu dapat menyerang dengan jarak sekitar satu setengah kilometer sampapi dengan tiga kilometer. Autometic Gun sendiri dapat diisi hingga 1.200 butir peluru.

Hati-hati ya helikopter ini juga bisa menembak jarak jauh bisa membidik target dengan gelombang inframerah. Fitur tersebut memungkinkan helikopter tempur ini untuk dapat bertempur dalam situasi dan kondisi cuaca apapun loh! Kunfigurasi senjata juga dapat dilakukan sesuai misi yang akan diembankan semisal untuk menghalau gerak maju poasukan musuh, dan memungkinkan pertarungan antar udara dengan rudal udara. Hebat kan? Sudah kayak di film-film Hollywood. Heli APACHE 64-E juga bisa ditunggangi oleh 2 orang pilot untuk melaksanakan tugas tempurnya.

Baca Juga:

Pemerintah Dapat 'Lampu Hijau' Terima Hibah Alutsista dari Amerika Serikat

hut tni
Helikopter NBel 412 yang dimiliki TNI AD. (Foto: INDOMILITER)

Menurut LETKOL CPN CAHYO PERMONO sebagai Komandan Skadron 11 Serbu Helikopter APACHE AH-64E ini merupakan komputer terbang, kenapa komputer karena semua display semua sistem diatur oleh komputer karena heli ini sangat membantu pilot mengendalikan semuannya, Ujarnya saat diwawancarai oleh reporter NET JAWA TENGAH 2018 lalu. Saat ini TNI AD memiliki banyak alusista tercanggih seperti helikopter NBel 412 yang berkapasitas 10 orang penumpang, serta helikopter Mi-35p alias helikopter tempur buatan Rusia.

Melasir dari Merdeka.com Helikopter Bell 412 diproduksi oleh Bell Helicopter Textron dan sudah ada di markas TNI yang berpusat di pangkalan Udara Utama TNI AD Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah. Helikopter ini termasuk helikopter serbaguna yang dirancang untuk melintasi jalur udara jarak jauh. Seperti film AVANGER helikopter ini di rancang untuk penyerangan darat kayak yang ada di gim PUBG atau Free Fire, pokoknya keren dan canggih deh.

Baca Juga:

Digelar Secara Virtual, Perayaan HUT TNI Ke-75 Jadi Momentum Tingkatkan Profesionalisme

hut tni
Helikopter TNI AD yang siap jaga keamanan negara. (Foto: ANTARANEWS)

Kabarnya helikopter NBell 412 diproduksi kembali oleh PT Dirgantara Indonesia dan dinamakan NBell 412. Helikopter Bell 412 memiliki kapasitas maksimal saat lepas landas 5.397 kilogram, dengan panjang helikopter 12.7 meter dan tinggi 4.6 meter. Helikopter dilengkapi mesin 2 AF— Pratt dan Whitney Canada PT6T-3BE Twin-Pac, dengan kecepatan mencapai 259 km/jam. Helikopter Bell 412 memiliki jangkauan hingga 745 kilometer.

Nah buat yang terakhir helikopter Mi-35p sama seperti APACHE AH-64E namun senjatanya berbeda karena helikopter tempur yang satu ini memiliki persenjataan sebagai berikut : Mi 35P, seperti canon GSh-30 kaliber 30 mm, rudal antitank 9M120 Ataka atau AT-9. Dengan jarak 8 kilometer tank dapat hancur sekali tembakan. Tak main-main kan alusista TNI AD! Semoga kumpulan alusista canggih ini dapat memper erat dan menjaga kesatuan dan persatuan Indonesia lewat pertahanan negara yang memadai. (joe)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Bagteria, Tas Tangan Made Negeri Aing Digemari Sosialita Mancanegara
Hiburan & Gaya Hidup
Bagteria, Tas Tangan Made Negeri Aing Digemari Sosialita Mancanegara

Tas tangan tersebut berhasil memikat penggemar fesyen dunia, para sosialita, juga pesohor dalam dan luar negeri.

Jogja Hip Hop Foundation Siap Rilis Single ‘Kecap No 1’
ShowBiz
Jogja Hip Hop Foundation Siap Rilis Single ‘Kecap No 1’

Jogja Hip Hop Foundation akan kembali dengan karya terbaru.

Peneliti Temukan Film Horor Terseram Sepanjang Masa
ShowBiz
Peneliti Temukan Film Horor Terseram Sepanjang Masa

Bukan The Exorcist, The Conjuring, apalagi Pocong vs Kuntilanak.

Rode Connect, Memungkinkan Penggunaan 4 Mikrofon Bersamaan
Fun
Rode Connect, Memungkinkan Penggunaan 4 Mikrofon Bersamaan

Cara efisien untuk merekam beberapa mikrofon USB secara bersamaan di satu komputer.

Ragam Ekspresi Maaf di Negeri Aing Enggak Sebatas Kepada Sesama Manusia
Hiburan & Gaya Hidup
Ragam Ekspresi Maaf di Negeri Aing Enggak Sebatas Kepada Sesama Manusia

Mengintip ragam ekspresi mitna maaf di Negeri aing yang sarat akan makna

Kenali Kanker Kulit Ganas Melanoma
Fun
Kenali Kanker Kulit Ganas Melanoma

kanker ini kemudian akan menyerang organ lain seperti tulang

Hanya Butuh 12 Jam, Penjualan Album Rose BLACKPINK Pecahkan Rekor
ShowBiz
Game Nintendo 2021 yang Wajib Kamu Mainkan
Fun
Game Nintendo 2021 yang Wajib Kamu Mainkan

Lima game yang pas untuk menemani hari-hari dalam PPKM.

Siswa Asal Jepang Buat Konsol Game dari Kardus
Fun
Siswa Asal Jepang Buat Konsol Game dari Kardus

Ia membuat konsol game dari kardus yang benar-benar bisa dimainkan.

Libatkan Komedian Rigen dan Dustin, For Revenge Rilis Video 'Jentaka'
ShowBiz
Libatkan Komedian Rigen dan Dustin, For Revenge Rilis Video 'Jentaka'

Band cadas asal Bandung ini mengajak komedian Rigen dan Dustin untuk tampil dalam video musiknya.