Hei Perempuan, Ini Hormon yang Ada di Dalam Tubuh Kamu Hormon merupakan zat kimia yang diproduksi oleh sistem endokrin dalam tubuh termasuk pada perempuan. (Unsplash/Danielle Cerullo)

TUBUH perempuan mengalami beragam perubahan seiring proses alami yang dilaluinya, mulai dari pubertas, ovulasi, menstruasi, hingga kehamilan dan menyusui. Berbagai proses tersebut terjadi berkat adanya macam-macam hormon di dalam tubuh perempuan.

Hormon merupakan zat kimia yang diproduksi oleh sistem endokrin dalam tubuh dan berfungsi untuk membantu mengendalikan hampir semua fungsi tubuh, seperti pertumbuhan, metabolisme, hingga kerja berbagai sistem organ, termasuk organ reproduksi.

Melansir Healthline, berikut ini adalah beberapa macam hormon perempuan beserta fungsinya.

Baca Juga:

Penelitian Ungkap Tingkat Kesepian Seseorang dari Data Ponsel

cew
Hormon perempuan memiliki peranan penting terhadap kesehatan, termasuk menentukan bentuk tubuhnya. (Unsplash/Elizeu Dias)

Progesteron

Hormon progesteron berpengaruh terhadap siklus menstruasi dan ovulasi. Saat wanita mengalami ovulasi atau sedang berada di masa subur, hormon progesteron akan membantu mempersiapkan lapisan dalam rahim yang disebut endometrium untuk menerima sel telur yang telah dibuahi oleh sperma.

Selama kehamilan, kadar hormon progesteron dalam tubuh tetap tinggi. Ini untuk mencegah tubuh menghasilkan sel telur baru dan mempersiapkan tubuh untuk memproduksi ASI. Bila tidak terjadi pembuahan, kadar hormon progesteron dalam tubuh akan turun dan memicu menstruasi.

Estrogen

Sebagian besar hormon estrogen diproduksi di ovarium atau indung telur. Selain itu, hormon ini juga diproduksi oleh kelenjar adrenal dan plasenta, tetapi hanya dalam jumlah yang sedikit. Hormon estrogen berfungsi untuk membantu perkembangan dan perubahan tubuh saat pubertas. Termasuk perkembangan fungsi organ seksual, dan memastikan proses ovulasi dalam siklus menstruasi bulanan.

Hormon ini juga berperan dalam proses keluarnya ASI setelah persalinan, mengatur mood atau suasana hati, dan proses penuaan. Penurunan produksi estrogen dapat menimbulkan berbagai gangguan, seperti menstruasi yang tidak teratur, vagina kering, suasana hati tidak menentu, menopause, dan osteoporosis pada perempuan lanjut usia.

Testosteron

Kadar hormon testosteron yang terdapat pada tubuh wanita memang tidak sebanyak pada pria. Namun hormon ini tetap memiliki fungsi yang penting bagi kesehatan wanita. Hormon testosteron berperan dalam mengatur libido atau gairah seksual dan menjaga kesehatan vagina, payudara, dan kesuburan.

Baca Juga:

Suplemen Penambah Energi, Efek dan Penanganannya

cew
Berolahraga dan bergaya hidup sehat sangat penting untuk menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh perempuan. (Unsplash/Boxed Water Is Better)

Luteinizing hormone (LH)

LH pada wanita bertugas untuk membantu tubuh mengatur siklus menstruasi dan ovulasi. Oleh karena itu, hormon ini juga berperan dalam masa pubertas. Hormon ini diproduksi oleh kelenjar hipofisis di otak.

Umumnya, kadar hormon LH pada wanita akan meningkat saat menstruasi dan setelah menopause. Kadar LH yang terlalu tinggi pada tubuh wanita dapat mengakibatkan masalah reproduksi.

Follicle-stimulating hormone (FSH)

Sama halnya dengan hormon LH, hormon FSH juga diproduksi di kelenjar hipofisis dan berperan penting dalam sistem reproduksi. Hormon ini membantu mengendalikan siklus menstruasi dan produksi sel telur di ovarium.

Kadar hormon FSH yang rendah menandakan bahwa wanita tidak mengalami ovulasi, adanya gangguan pada kelenjar hipofisis, atau bisa juga menandakan kehamilan. Sebaliknya, hormon FSH yang tinggi dapat menandakan wanita memasuki masa menopause, adanya tumor di kelenjar hipofisis, atau gejala dari sindrom Turner.

Oksitosin

Hormon oksitosin yang diproduksi oleh kelenjar hipofisis di otak ini umumnya akan meningkat selama kehamilan, khususnya ketika menjelang persalinan. Ketika kadar hormon meningkat, rahim akan terangsang untuk berkontraksi dan mempersiapkan proses persalinan. Setelah melahirkan, oksitosin akan merangsang kelenjar payudara untuk menghasilkan ASI.

Setiap hormon perempuan memiliki peranan penting terhadap kesehatan, termasuk menentukan bentuk tubuh wanita. Untuk menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh, kamu disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat, rutin berolahraga, membatasi konsumsi makanan manis dan tinggi karbohidrat, mengurangi stres, serta tidur yang cukup. Jalani pemeriksaan dan mendapatkan pengobatan yang tepat jika kamu mengalami gangguan hormonal.(DGS)

Baca Juga:

Tips Menaikkan Berat Badan Ideal

Makanan Sehat Menunjang Kesehatan Mental
Fun
Mencegah Gigi Berlubang pada Anak
Fun
Makanan Sehat Menunjang Kesehatan Mental
Fun
Mencegah Gigi Berlubang pada Anak
Fun
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
5 Cara Bikin Kue Labu untuk Halloween
Kuliner
5 Cara Bikin Kue Labu untuk Halloween

Labu cocok dibuat menjadi pai yang dipugasi krim dalam jumlah yang banyak.

Kaya dan Terkenal, Selebriti Hollywood Ini Malah Pilih Hidup Sederhana
ShowBiz
Kaya dan Terkenal, Selebriti Hollywood Ini Malah Pilih Hidup Sederhana

Selebriti Hollywood dengan gaya hidup sederhana

88rising Hadirkan Konser 'Double Happiness'
ShowBiz
88rising Hadirkan Konser 'Double Happiness'

Double Happiness merupakan festival digital global yang digelar untuk perayaan Tahun Baru Macan

Kontingen Indonesia Tampilkan Unsur Kebudayaan di Pembukaan SEA Games 2021
Fun
Kontingen Indonesia Tampilkan Unsur Kebudayaan di Pembukaan SEA Games 2021

Para kontingen Indonesia tampil kasual sambil mengenakan topi adat.

Tak Selalu Berjalan Mulus, 5 Artis Korea Ini Kesulitan Sebelum Terkenal
ShowBiz
Tak Selalu Berjalan Mulus, 5 Artis Korea Ini Kesulitan Sebelum Terkenal

Mereka berhasil selamat dari kesulitan dan sekarang namanya sangat populer.

'Daredevil' Kembali Beraksi di Disney Plus Hotstar
Fun
'Daredevil' Kembali Beraksi di Disney Plus Hotstar

Daredevil siap tayang di Disney Plus Hotstar.

Makanan Bergizi Bantu Ringankan Kecemasan
Hiburan & Gaya Hidup
Makanan Bergizi Bantu Ringankan Kecemasan

Kamu juga perlu berolahraga dan mengonsumsi makanan bergizi yang dapat membantu mendukung kesehatan mental.

Electronic Arts Resmi Berpisah dengan FIFA
Fun
Electronic Arts Resmi Berpisah dengan FIFA

Meskipun namanya berubah, sepertinya sebagian besar DNA gim EA Sport FC akan tetap sama.

Wajib Baca! Manga untuk Penggemar Sepeda
Fun
Wajib Baca! Manga untuk Penggemar Sepeda

Manga sepeda yang tak hanya bercerita sisi teknis sepeda, tetapi juga kehidupan pemiliknya

Cara Mengolah Daging Agar Tidak Terpapar Virus PMK
Fun
Cara Mengolah Daging Agar Tidak Terpapar Virus PMK

Fatwa MUI Nomor 32 Tahun 2022 menjelaskan ciri hewan yang sah dijadikan sebagai hewan kurban.