Heboh! Xiaomi Ciptakan Aplikasi Pendeteksi Virus Corona

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Selasa, 28 Januari 2020
Heboh! Xiaomi Ciptakan Aplikasi Pendeteksi Virus Corona
Xiaomi hadirkan aplikasi pencegahan dini virus corona (Foto: bestmobs)

SALAH satu brand ponsel terkemuka asal tiongkok, Xiaomi, baru-baru ini mengumumkan penambahan fitur realt-time pneumonia epidemic card di aplikasi Xiao Ai Shorcut.

Tujuan dari fitur tersebut, yakni untuk memudahkan para penggunanya untuk mengupdate informasi terkini soal virus corona, lewat asisten digital AI pada ponsel pintar Xiaomi.

Baca Juga:

Pemprov DKI Minta Warga Waspadai Wabah Pneumonia dari Tiongkok

Xiaomi menambahkan fitur baru pada aplikasi Ai Shortcut yang berguna untuk melakukan pencegahan dini virus corona (Foto: ITHome)

Untuk kamu yang ingin memunculkan informasi terkait virus corona, kamu bisa melakukan perintah suara dengan berkat real-time pneumonia epidemic pada ponsel, setelah itu asisten virtual bawaan Xiaomi akan memunculkannya.

Adanya penambahan real-time pneumonia epidemic card pada aplikasi Xiao Ai Shortcut tersebut, pertama kalinya diumumkan oleh media teknologi asal Tiongkok, ITHome.

Seperti yang dilansir dari laman gadget360, fitur tersebut merupakan salah satu upaya Xiaomi untuk mencegah penyebaran dari virus corona, yang saat ini tengah merebak hingga ke sejumlah negara.

"Fitur ini diharapkan bisa membantu para pengguna Xiaomi agar tetam aman dan dapat melakukan tindakan pencegahan yang diperlukan, guna menghindari terjadinya infeksi. Semua ponsel dengan asisten Xiao AI dapat memperoleh informasi dengan mengatakannya lewat perintah suara," Tulis Xiaomi.

Baca Juga:

Virus Corona Sudah di Singapura

Sebelumnya, Xiaomi pun membagikan masker N95 besutannya, serta termometer secara gratis. Nilai bantuan tersebut kurang lebih ialah 300 ribu yuan atau sekitar Rp580 juta.

Sejak kota Wuhan dinyatakan sebagai sumber penyebaran virus corona, sejumlah perusahaan teknologi di tiongkok pun ramai-ramai mengulurkan bantuan untuk sejumlah tenaga medis profesional dan juga warga, untuk melawan penyebaran virus berbahaya tersebut.

Seperti halnya Xiaomi, JD.com, raksasa retailer online di Tiongkok pun mendokasikan masker medis, serta pasokan medis lainnya untuk para warga Wuhan.

Sejumlah perusahaan aplikasi turut membantu pencegahan virus corona (Foto: propakistani)

Sementara itu perusahaan aplikasi musik Douyin juga meluncurkan halaman #FightPneumonia yang menampilkan update seputar penyebaran virus corona, laporan, analisis, dan juga informasi terkait pencegahan virus tersebut.

Selain untuk meningkatkan kewaspadaan, Douyin pun mendukung para dokter, tenaga medis serta pasien yang terinfeksi untuk berjuang melawan virus itu.

Aplikasi itu pun meluncurkan efek video bernama Jiayou, sebagai bentuk dukungannya untuk meninggalkan pesan positif yang ditujukan pada para dokter, tenaga medis dan pasien.

Seperti yang diketahui, virus corona dilaporkan pertama kalinya menyebar di Wuhan, Tionglok, pada Desember 2019 lalu. Virus tersebut memiliki gejala seperti pneumonia, membuat orang yang terinfeksi mengalami batuk-batuk, demanan dan kesulitan bernafas. Virus tersebut pun sejauh ini telah memakan puluhan korban jiwa. (Ryn)

Baca Juga:

WHO Sebut Masih Terlalu Dini Menyatakan Darurat Global Virus Corona

#Virus Corona #Xiaomi
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan